Melalui PENTAS PAI Ingin Wujudkan Generasi Muda Berprestasi

Pemenang Pentas PAI Surakarta. (foto: kemenag)
BRNews - Dalam rangka membina generasi muda Islam untuk mendalami agama  sambil meningkatkan motivasi belajar agar lebih semangat mempelajari dan mencintai agama Islam, Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAKIS) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Surakarta menyelenggarakan Pekan Ketrampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (PENTAS PAI) Tingkat Kota Surakarta 2017 di komplek KBIH Mandiri Surakarta, Selasa (1/8/2017).

Mewakili Kepala Kantor Kemenag Kota Surakarta yang berhalangan hadir, Kasi PAKIS, Sunarno, membuka secara resmi kegiatan lomba yang diikuti  165 orang peserta dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK.

“Pentas PAI ini jangan hanya dijadikan ajang mencari prestasi, tetapi kegiatan ini dijadikan ajang silaturahim antar pelajar dan sebagai momentum untuk memperkokoh niat dan sikap kita dalam mewujudkan bangsa berkarakter, terutama bagi generasi muda,” tegas Sunarno.

Seleksi PENTAS PAI ini merupakan agenda kegiatan rutin sebagai wujud pelaksanaan kegiatan yang tertuang dalam program kerja Kantor Kemenag Kota Surakarta

Menurutnya PENTAS PAI ini bertujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan peserta didik kepada Allah SWT, menumbuhkan mental sportifitas, kejujuran dan ukhuwah Islamiyah antar sesama siswa sekaligus dapat digunakan sebagai tolak ukur untuk mengetahui kompetensi dan prestasi peserta didik di bidang PAI.

“PAI merupakan wahana kompetisi dalam mengaktualisasikan dan menumbuh kembangkan minat serta bakat peserta didik dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK,” jelas Sunarno.

Siswa siswi yang mendapatkan juara 1 berhak maju mewakili kota Surakarta untuk mengikuti lomba Pentas PAI tingkat Propinsi Jawa Tengah di Donohudan pada tanggal 28 sampai 30 Agustus mendatang.

Ia berharap wakil dari Surakarta akan lebih kompeten dan berprestasi di tingkat propinsi, untuk itulah perlu ditingkatkan intensitas latihan dan tetap menjaga kesehatan.

“Kami harapkan nantinya yang maju pada tingkat provinsi  agar lebih intensif dalam berlatih dan tak kalah pentingnnya jaga kesehatan kalian,” pungkas Sunarno.

Penyelenggaraan Seleksi Pentas PAI tingkat Kota Surakarta tahun 2017 ini mempertandingkan 6 jenis lomba  yaitu; Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), Lomba Pidato PAI (LPP), Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), Lomba Cerdas Cermat (LCC), Lomba Kaligrafi Islam (LKI) dan Lomba Debat PAI (LDP).

Adapun hasil kejuaraan secara umum, juara umum tingkat SD diraih kecamatan Laweyan, juara umum tingkat SMP diraih kecamatan Banjarsari dan juara umum tingkat SMA/SMK diraih kecamatan Banjarsari. (kemenag jateng|mnm).
 

Subscribe to receive free email updates: