Masih Ribuan Pondok Pesantren Fasilitas Pembelajarannya Sangat Minim


BRNews - Kementerian Agama akan memberikan bantuan meubelair kepada Pondok Pesantren. Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD-Pontren) Ahmad Zayadi memastikan bantuan tersebut akan segera dicairkan.

Menurut Zayadi, Bantuan Meubelair Pesantren penting seiring tingkat kebutuhan yang nyata di pesantren. Saat ini, masih terdapat ribuan pondok pesantren yang fasilitas pembelajarannya sangat minim, sehingga berdampak pada kurang meningkatnya pengelolaan pesantren dalam rangka peningkatan akses, mutu, dan manajemen pesantren.
“Dalam waktu dekat, Kementerian Agama akan segera mencairkan Bantuan Meubelair Pesantren yang saat ini tengah dilakukan pemberkasan,” terangnya di hadapan pimpinan pesantren peserta kegiatan Bimbingan Teknis Bantuan Meubelair Pondok Pesantren,  di Tangerang, Rabu pekan lalu (9/8/2017).
Zayadi menegaskan, walaupun bantuan ini terbatas tetapi gunakanlah secara maksimal, tepat sesuai dengan perjanjian kerjasama yang sudah ditandatangani. Selain itu juga harus diimbangi dengan hasil yang baik dan dapat dipertanggungjawabkan (akuntable).
“Kita ingin mengawal program bantuan di PD Pontren pada 3 tahapan. Tahap perencanaan, pelaksanaan, pelaporan. Insya Allah dengan niat yang baik dan tulus dalam rangka meningkatkan mutu pesantren dan tata kelola kelembagaan, kita akan mendapatkan keberkahan (ziyadatul khair) atas apa yang telah kita lakukan,” terang doktor alumnus Value Education Universitas Pendidikan Indonesia Bandung kelahiran Brebes 47 tahun lalu ini.
Senada dengan Zayadi, Kasubag TU PD Pontren Abdul Rouf mengatakan, Bimtek Bantuan Meubelair digelar untuk memastikan bahwa penyaluran bantuan sesuai Juknis yang dibuat PD Pontren.
"Bukan hanya ingin memastikan bantuan ini bisa disalurkan tetapi juga ingin memastikan bahwa bantuan ini tepat sasaran dan tepat regulasi," terang Rouf seperti dilansir kemenag.go.id. (mnm).

Subscribe to receive free email updates: