MAN Insan Cendekia Paser Kaltim Menuju Madrasah Riset

BRNews - Sebagai madrasah  unggulan satu-satunya di Kalimantan Timur, MAN IC Paser terus berbenah dan melakukan terobosan-terobosan yang inovatif dan kreatif. Salah satunya adalah mewajibkan siswanya yang kelas XI melaksanakan penelitian karya tulis ilmiah (KTI).

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 29 s.d 30 Juli 2017, di Kampus MAN IC Paser, para siswa yang sudah merampungkan penelitiannya selama 6 bulan, telah diujikan di hadapan para penguji, layaknya  ujian penelitian yang dilakukan para mahasiswa di perguruan tinggi. Para siswa yang mengikuti ujian berjumlah 35 orang terdiri dari 17 siswa kelas XII IPA dan 18 siswa kelas XII IPS.

Adapun para penguji untuk siswa kelas XII IPA; Susmini, M.Pd (Guru Bahasa Indonesia), Lely Salmitha,M.Pd (Guru Biologi) dan Andri Agustina, S.Pd (Guru Kimia); sementera untuk kelas XII IPS; Dr.H. Ahmad Ruslan Afendi, M.Ag (Guru SKI), Khoirul Anam, M.Pd.I (Kepala Madrasah), Ismail, M.Pd.I (Guru Fiqh), Farida, S.Ag, M.Pd (guru Bahasa Inggris) dan Siswanto, M.Pd (guru Bahasa Inggris).

Pada saat Pembukaan Ujian Penelitian, 29 Juli 2017, Kepala Madrasah Khoirul Anam, M.Pd.I., menyampaikan amanah bahwa penelitian yang dilakukan oleh para siswa kelas XI dan diujikan pada saat kelas XII merupakan salah satu jembatan menuju terwujudnya salah satu program unggulan MAN IC yakni menjadi Madrasah Riset. 

"Penelitian itu, juga melatih para siswa menjadi orang yang selalu menggunakan potensi akal dan rasa guna meneliti dan memahami berbagai fenomena dan kejadian di sekitarnya. Baik itu fenomena alam maupun fenomena sosial yang pada akhirnya semakin mendekatkan dirinya kepada Sang Khaliq, Allah Subhaanahu wa Ta’ala. Orang yang selalu menggunakan akal pikirannya dengan jalan yang baik dan benar oleh Al-Quran disebut dengan Ulil Albab,” ucapnya.

Sementara, mantan Waka Bidang Keasramaan MAN 2 Samarinda ini berpesan jika para siswa sudah terbiasa meneliti berbagai peristiwa di sekitarnya maka tentu akan memudahkan dirinya menjadi seorang ilmuwan yang insyaa Allah dekat dengan Allah swt dan akan terus menerus menjadi orang yang bermanfaat sebanyak-banyaknya bagi orang lain melalui karya-karya tulis ilmiahnya.

Di akhir amanahnya, ia mengingatkan kembali kepada para siswa yang belum menyelesaikan penelitiannya. "Menurut laporan panitia sebanyak 18 siswa, agar segera menuntaskan penelitiannya. Mengingat kalian sudah kelas XII yang tentu saja masih ada program lain yang tidak kalah pentingnya, yakni persiapan mengikuti Ujian Nasional tahun 2018 dan persiapan masuk ke perguruan tinggi pavorit yang ada di dalam negeri dan di luar negeri." (kemenagkaltim|mnm).

Subscribe to receive free email updates: