Skip to main content

Tugas Pokok dan Fungsi Penyuluh Agama Islam


AKHMAD MUNDAKIR MENYAMPAIKAN ARAHAN KEPADA PENYULUH AGAMA NON PNS KAB. PATI, SENIN 24 JULI 2017. (FOTO: KEMENAG).
BRNews - Kementerian Agama Kabupaten Pati melalui Seksi Bimas Islam melaksanakan pembinaan kepada Penyuluh Agama Islam non PNS tahun 2017 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pati, Senin kemarin (24/7/2017).
Kegiatan ini diikuti 176 orang hasil rekrutmen pada bulan Oktober dan November 2016 lalu dan 14 orang penyuluh PNS selaku koordinator lapangan. Kegiatan ini bertujuan memberikan pembinaan terkait pelaporan kegiatan penyuluh dan dakwah yang dilaksanakan, hal ini dilakukan sebagai wujud dari tertib administrasi.

“Nantinya melalui Pokjaluh diharapkan dapat memberikan pendampingan tentang pedoman kerja penyuluhan, sehingga Penyuluh Agama Islam Non PNS ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik,” jelas Kepala Kankemenag Kabupaten Pati, Akhmad Mundakir dalam sambutannya saat membuka kegiatan ini secara resmi.

Mundakir menekankan tugas pokok dan fungsi penyuluh agama Islam berdasarkan instruksi Menteri Agama RI No. 39 Tahun 2015 itu ada 3 (tiga), yakni melaksanakan tugas Konsultatif, Koordinatif dan Advokatif.
Konsultatif, Penyuluh diharapkan sebagai mata dan telinga dari Kemenag untuk melihat pemetaaan kondisi serta kenyataan terhadap masyarakat di tempat mereka bertugas dengan berbagai macam gejala dan permasalan yang terjadi untuk dilaporkan kepada berbagai stakeholder yang ada di wilayah itu, paparnya.

Kemudian Koordinatif, maksudnya adalah keberadaan penyuluh sebagai tempat orang untuk penyelesaian permasalahan. Mereka ini diharapkan mempunyai nilai edukatif yang sedikit mumpuni untuk menjawab permasalahan keumatan. Apapun gejala dan fakta-fakta yang terjadi di lapangan harus mampu menyelesaiakan persoalan itu.

Terakhir Advokatif, yakni memberikan jaminan keamanan dan advokasi terhadap masyarakat yang berhadapan langsung dengan persoalan-persoalan dan proses hukum, pungkasnya.

Kepala Seksi Bimas Islam Kankemenag Kab. Pati, Zubaidi juga sudah memberikan pembekalan  yang diberikan tentang tugas mereka sebagai penyampai program Bimas Islam dan Kementerian Agama berkaitan dengan tugas dan fungsi dari Kementerian Agama sesuai dengan visi dan misinya.

Dalam kesempatan tersebut, para penyuluh juga diberikan arahan teknis tentang pembuatan laporan kegiatan, serta hal-hal teknis lainnya yang berkenaan dengan kegiatan pembinaan dimasyarakat, sehingga pada saat para penyuluh terjun ke lapangan tidak mengalami kesulitan didalam menghadapi berbagai kendala dan permasalahan. (kemenag jateng|mnm).

Comments

Post a Comment

ARTIKEL POPULER

Apa Tujuan Muktamar NU



Tahun 2015 Organisasi Masyarakat terbesar di Asia Tenggara, bahkan dunia, Nahdlatul Ulama (NU) mengadakan Muktamar. Setelah beberapa bulan lalu beragam wacana terkait dengan tempat dan kepanitiaan, akhirnya pada Rapat Harian Syuriyah dan Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang di kantor PBNU Jakarta, Jum’at (5/12/2014) memutuskan tempat pelaksanaan Muktamar NU ke-33 dilaksanakan di Jombang, Jawa Timur.

Tanggulangi Wabah Covid-19, Ini Seruan KODI DKI Jakarta

Mencermati perkembangan pandemi Covid-19, KODI (Koordinasi Dakwah Islam) DKI Jakarta menyerukan kepada seluruh masyarakat agar mentaati seruan pemerintah maupun pihak terkait sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.


Dalam siaran pers KODI  DKI Jakarta yang diterima Ahad (29/3/2020) dan ditandatangan Ketua dan Sekretarisnya, KH. Jamaluddin F Hasyim, SHI, MH dan DR. KH. Syamsul Maarif, MA menyerukan sebagai berikut:

1.Wabah Covid-19 merupakan musibah bagi segenap umat manusia yang terjadi atas kehehendak Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sebagai umat beriman kita wajib mengimani hal tersebut, namun tidak melupakan bahwa agama juga menyuruh kita berikhtiar menghindarkan diri dari jatuh ke dalam kebinasaan (Q.S. Al-Baqarah: 195).

Baca juga: KODI DKI dan FKLD Siap Kolaborasi Kepung Jakarta Dalam Pengembangan Dakwah 

2.Ikhtiar dimaksud berupa: kerja di rumah, jaga jarak (social distancing) dan selalu mencuci tangan adalah langkah terbaik sebagai ikhtiar lahir, disamping ikhtiar batin berupa ta…

Terkait Rencana BLT, Sosiolog Sarankan Bantuan Berbentuk Sembako dan Tunai


Sosiolog sekaligus dosen di Universitas Indonesia (UI) Imam B Prasodjo menyarankan pemerintah agar pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam bentuk sembako dan uang tunai kepada masyarakat ekonomi lemah apabila pembatasan sosial skala besar diterapkan.
"Misalnya 70 persen berupa sembako sisanya uang tunai untuk beli obat, vitamin dan sebagainya," kata dia saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (31/3/2020).

Pemerintah, katanya, telah menyampaikan pencarian BLT segera dilakukan untuk membantu masyarakat akibat terdampak pandemi COVID-19. Namun, menurut Imam BLT saja tidak cukup mengatasi masalah saat ini.

"Saya sarankan bukan BLT yang paling penting. BLT itu tunai tapi yang penting itu bisa diterjemahkan ke dalam bentuk sembako langsung dan diantarkan ke rumah mereka," katanya dilansir Antara.

Selain itu, ujar dia, BLT berupa uang yang diberikan tersebut bisa juga digunakan masyarakat untuk berbelanja secara daring guna menghindari kerumunan di pasar atau tok…

Gubernur Herman Deru dan Kakanwil Kemenag Sumsel Gelar Shalat Hajat dan Doa Bersama Agar Bebas Covid-19

Gubernur  Sumatera Selatan H. Herman Deru beserta Kakanwil Kementerian Agama  HM Alfajri Zabidi melaksankan shalat hajat dan do’a bersama memohon agar segera bebas dari wabah Covid-19 di Griya Agung Rabu (1/4/2020) malam. Kegiatan ini juga dilaksankan serentak oleh masyarakat Sumatera Selatan di rumah masing-masing.
Sebelumnya Gubernur telah menghimbau masyarakat Sumsel untuk melaksnakan shalat hajat bersama di rumah masing-masing pada 1 April 2020. Adapun yang menjadi imam shalat hajat dan doa bersama adalah Ust. H Aburrahman.

 Gubernur Sumsel dalam sambutannya mengatakan bahwa upaya dilakukan dengan berbagai cara dan akan terus dilaksanakan untuk mencegah Covid-19 atau yang juga dikenal dengan virus corona. Pemerintah, masyarakat perlu bersama untuk mengatasi hal tersebut.
Baca juga: Bupati Bandung: Selama Merebaknya Covid-19, Omzet Penjualan Daging Ayam Alami Penurunan 
Shalat Hajat dan Do’a bersama ini dilaksanakan  untuk memohon kepada Allah SWT, untuk diberikan keselamatan bag…

MAN 1 Sleman Raih Juara 3 Madrasah Adiwiyata

Terwujudnya Sleman yang bersih indah hijau dengan lingkungan yang nyaman merupakan tanggung jawab bersama.

Lomba adiwiyata antar pesantren dan sekolah serta madrasah merupakan salah satu upaya menciptakan lingkungan yang nyaman untuk belajar.

Kanwil Kemenag Aceh Blusukan ke MI Rajul Huda di Pedalaman Aceh Timur

BRNews - Kakanwil Kemenag Aceh H. Daud Pakeh melakukan kunjungan ke daerah pedalaman Aceh Timur, tepatnya di Desa Alue Ie Mirah Kecamatan Pante Bidari. Kedatangan Kakanwil ke desa ini tidak ada dalam planning kegiatannya.Ia berkunjung ke Madrasah Ibtidaiyah yang lantainya masih tanah liah dan temboknya dari papan yang sudah keropos.

Jelang UNBK, Ponpes Al-Kautsar Sarilamak Sumbar Terima Bantuan 20 Unit Komputer

BRNews - Jelang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Ponpes Al-Kautsar Sarilamak Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumbar, mendapat bantuan 20 unit komputer dari CSR BNI Sabtu lalu (14/10/2017).

Wakil Bupati Arif Sugiyanto Letakan Batu Pertama Pembangunan RKB MIN 1 Kebumen

Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengaku bangga atas perkembangan MI Negeri 1 Kebumen. Hal ini disampaikan saat Arif saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) MIN 1 Kebumen, Jakawa Tengah, Rabu (5/3/2020).

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Panut, Anggota DPRD Kabupaten Kebumen Noviandri Dwi Alhadi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen Amirudin, Kepala Desa Gemeksekti Suramin, dan seluruh pengurus Komite MI Negeri 1 Kebumen.

“Saya bangga kepada Komite Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kebumen yang secara swadaya dapat melaksanakan pembangunan RKB, mestinya ini menjadi tanggung jawab kami juga,” tutur Arif.

Arif juga menyatakan dukungannya atas  pembangunan RKB MI Negeri 1 Kebumen dan berharap nanti dapat bermanfaat untuk menyiapkan peserta didik menjadi SDM yang unggul sebagai aset untuk kemajuan bangsa dan negara.

Baca juga: Siswa MIN 1 Kebumen Maju ke OSN Tingkat Nasional 

Senada deng…

Rhoma Irama Rilis Lagu Terbaru Virus Corona

Di tengah merebaknya virus Corona secara global,  Raja Dangdut Rhoma langsung menciptakan lagu yang diberi judul Virus Corona. Klipnya sudah tayang kali pertama di YouTube Jumat,  (3/4/2020) pukul 17.00 WIB.
Menurut Rhoma, proses mencipta lagu sampai rekaman tidak sampai sebulan. “Sejak konser di TV distop dan syuting ditunda langsung kita latihan dan rekaman,” kata Rhoma Irama.
Beat lagu Virus Corna ini sedih. Pilihan kata dalam Lirik-liriknya sangat menyayat hati. Berikut petikannya: Kengerian yg mencekam melanda segenap alam. Tatkala mahluk itu datang menyerang dan mematikan. Tiada terlihat mata tanpa bisa diraba.
Namun sangat mengerikan ditakuti oleh manusia. Hampir di semua negeri. Mereka menutup diri. Isolasi bersembunyi ketakutan tak terperi. Bagi yang ingin dengar lagunya dapat diputar di YouToubehttps://youtu.be/T6zLNYLR5xs Menurut Bima Budi Maulana, direktur Rhoma Irama Official, selain masuk katalog Spotify dalam bentuk audio, lagu ini akan fokus di YouTube dan tayang di tele…

Bupati Bandung: Selama Merebaknya Covid-19, Omzet Penjualan Daging Ayam Alami Penurunan

Bupati Bandung H. Dadang M Naser  menuturkan, selama merebaknya covid-19 harga jual daging ayam di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Bandung mengalami penurunan.

Ini semua terjadi, terangnya, karena omset restoran dan hotel di Kabupaten Bandung terus menurun. Oleh karena itu, Distan  (Dinas Pertanian) bersama Aspartan (Asosiasi Pasar Tani) Kabupaten Bandung akan melakukan trobosan dengan sistem penjualan online.
Baca juga: Cegah Corona Meluas, Polisi Tutup Sebagian Jalan Raya di Bandung 
"Selain untuk menstabilkan kembali harga daging ayam, hal tersebut juga dilakukan untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan rumah tangganya,” imbuh Dadang saat melakukan doa bersama dengan sejumlah santri dan anak yatim  melalui teleconference, di rumah dinasnya di Soreang, Jumat lalu (27/3/2020).
Kegiatan doa bersama yang dipimpin oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al-Burdah Kutawaringin, KH. Ahmad Busiri Muslim ini dalam upaya memohon kepada Alloh Subhannahu Wa Ta&…