Puluhan Ribu Masyarakat Tarakan Saksikan Pembukaan STQ Nasional XXIV


KEMERIAHAN PEMBUKAAN STQ NASIONAL XXIV DI TARAKAN KALTARA. (foto: fkusuma)
BRNews - Pembukaan STQ Nasional XXIV di Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) berlangsung meriah. Ribuan masyarakat Kota Tarakan dan sekitarnya tumpah ruah memadati venue utama pembukaan, Islamic Center Masjid Baitul Izza, Sabtu malam (15/7/2017).

STQ Nasional XXIV ini dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Sebelumnya, Menag melantik Dewan Hakim yang akan bertugas sebagai juri STQ Nasional. STQ Nasional di Kota Tarakan ini  diikuti 460 orang peserta dari 34 Provinsi.
Pembukaan STQ Nasional Ke 24 ini menyajikan tarian kolosal yang bercerita tentang Umar Bin Khatab yang dimainkan 150 Siswa dan Siswi se Kota Tarakan.
Tampak hadir Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie beserta jajarannya, Perwakilan Pemerintah Provinsi masing-masing kafilah STQ, Plt Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, Pejabat Eselon II Kementerian Agama, Kakanwil Kementerian Agama Se Indonesia, serta official dan peserta.


Ditemui usai pembukaan, Menag menilai pembukaan STQ Nasional berjalan baik dan meriah. Menag mengapresiasi perpaduan seni dan nilai-nilai Islam dalam tarian kolosal tentang Umar bin Khatab.
PEMBUKAAN STQN XXIV DISUGUHI TARIAN KOLOSAL TENTANG KISAH UMAR BIN KHATTAB. (foto: fkusuma)
“Apalagi itu diperagakan oleh adik-adik kita, anak-anak kita siswa-siswi SMA. Ini juga sebagai cara bagaimana menumbuhkembangkan nilai-nilai baik melalui budaya,” ujarnya.
Meski provinsi termuda, Menag menilai Kalimantan Utara mampu dan tidak kalah dengan provinsi lainnya dalam menyelenggarakan even nasional.
Lomba STQ Nasional XXIV tahun 2017 berlangsung mulai dari 16 – 22 Juli 2017. Venue utama dipusatkan di Islamic Center Masjid Baitul Izza Kota Tarakan. Venue lainnya di Masjid Daarussa’adah, Masjid At-Taqwa, dan Masjid al-Ma’arif.(kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: