Guru MAS Al-Bidayah, Jadi Finalis Olimpiade Guru Nasional 2017

BRNews - H. Rijal Kamaluddin Husaeni, S.Si., M.P.Kim, akrab dipanggil Kang Rijal atau Akang oleh para santri di Pesantren Al-Bidayah Cangkorah, adalah guru mapel Kimia di MAS Al-Bidayah. Pria  kelahiran Bandung, 08 Oktober 1980, ini merupakan anak ke-6 dari 7 bersaudara pasangan Almarhum KH.Yayat Ruhiyat Sirodj dan Hj.Hindun Hindayani.

Setelah lulus Sekolah Dasar di SDN Cangkorah pada tahun 1993, kang Rijal melanjutkan studinya di MTs Al-Bidaya dan lulus pada tahun 1996. Atas keinginan sendiri, selepas dari MTs, kang Rijal melanjutkan ke SMA Al Musadaddiyah Garut sambil mengaji di Pesantren Al-Huda Tarogong Garut. Selepas SMA tahun 1999, pria yang terkenal dengan kedisiplinannya itu kuliah mengambil jurusan Kimia FMIPA Unpad  dengan peroleh gelar S.Si di tahun 2004, kang Rijal melanjutkan aktivitas mengajar KIMIA di MAS (Madrasah Aliyah Swasta) Al-Bidayah. Pada tahun 2006, ketika ada penawaran Beasiswa S2 dari Kemenag, Kang Rijal mengikuti seleksi dan alhamdulillah diterima dan mulai kuliah di ITB jurusan Pengajaran Kimia dan meraih gelar M.P.Kim di tahun 2008. Melalui dedikasinya yang begitu tinggi dibarengi keikhlasan dan kecintaannya pada dunia pendidikan dan dunia  mengajar, anak didiknya mampu menorehkan prestasi di bidang Kimia baik di tingkat Kabupaten, Propinsi sampai di tingkat Nasional, di antaranya Rena Rizky Fazriah maeraih medali emas di KSM Nasional tahun 2012 di Bandung. Dhiya Tsuraya Salsabil meraih medali perak di KSM Nasional tahun 2014 di Makassar. Destriana Yuandari meraih medali perak di KSM Nasional di Palembang tahun 2015. Aldi Setya Alam juara kedua KSM tingkat Propinsi tahun 2016 dan Anggi Amiruddin Al Wahid juara ketiga KSM tingkat Propinsi tahun 2017, serta masih banyak prestasi siswa lainnya melalu berbagai lomba.
Pengalaman prestasi anak didiknya memotivasi Kang Rijal untuk mengikuti kegiatan Olimpiade Guru Nasional (OGN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan. Mulai tahun 2015 kang Rijal mengikuti kegiatan OGN tersebut, dan alhamdulillah tahun 2017 kang Rijal berhasil menembus prestasi menjadi FINALIS OGN 2017 yang kegiatannya Insya Alloh akan dilaksanakan di Jogjakarta akhir Juli 2017.
Dari 165 Finalis OGN ini, kang Rijal merupakan satu-satunya Guru yang mewakili Madrasah. Mudah-mudahan menjadi motivasi buat guru-guru Madrasah yang lain untuk mewujudkan Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah. Semoga langkah mengukir prestasi di ajang OGN ini dimudahkan. Aaamiiin (kemenag bandungbarat).

Subscribe to receive free email updates: