471 Peserta STQ Nasional XXIV Tarakan Lakukan Verifikasi Faktual

PANITIA STQN KE 24 SEDANG LAKUKAN VERIFIKASI FAKTUAL PADA PESERTA. (foto: bimasislam)
BRNews - Sebanyak 471 peserta Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional XXIV melakukan verifikasi faktual. Tahap ini dilakukan untuk mencocokkan antara data yang tertera di pendaftaran online dalam sistem e-MTQ dengan bukti fisiknya.

“Hari ini kita lakukan verifikasi factual. Kita lihat fisiknya. Kita akan chek apakah sama antara data yang di e-MTQ dengan aslinya,” ujar Direktur Penerangan Agama Islam, Khairuddin di Lapangan Tenis Indoor Kota Tarakan, Jumat (14/7/2017).
Khairuddin memastikan kalau proses verifikasi faktual ini akan dilakukan dengan tegas sesuai aturan. Peserta yang tidak dapat menunjukan bukti faktualnya, dipastikan akan gugur. “Jika ada data yang tidak sesuai maka akan gugur, tidak ada kompromi,” tegasnya.
Namun demikian, Khairuddin berharap semua peserta lolos di tahap verifikasi faktual ini. Sebab, semakin banyak peserta yang terlibat, tentu akan lebih baik bagi ajang STQ Nasional.
“Harapan saya semua lolos di verifikasi faktual ini, karena semakin banyak yang ikut kompetisi maka akan semakin baik,” tuturnya.
Pendaftaran STQ Nasional XXIV dilakukan secara online melalui sistem e-MTQ. Total ada 521 peserta yang mendaftar, namun hanya 471 peserta saja yang dinyatakan bisa mengikuti tahap verifikasi faktual. “Jadi ada 50 orang yang gugur di tahap sebelumnya,” ungkap Khairuddin.
STQ Nasional XXIV tahun 2017 rencananya akan dibuka pada 15 Juli 2017 oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Seremonial pembukaan STQ akan dipusatkan di Islamic Center Masjid Baitul Izza Kota Tarakan, Kalimantan Utara.
Sementara pelaksanaan musabaqah akan berlangsung dari tanggal 16 - 22 Juli 2017.  Selain Masjid Baitul Izza Islamic Center, venue STQ ada di Masjid Daarussa’adah, Masjid At-Taqwa, dan Masjid al-Ma’arif. (kemenag|mnm).

Subscribe to receive free email updates: