Masjid Yang Baik Dipengaruhi Oleh Sistem Pengelolaan Baik Pula

BRNews - Baik tidaknya kemakmuran masjid sangat tergantung dan bahkan juga dipengaruhi oleh sistem pengelolaan yang baik. Hanya saja banyak yang tidak memahami dan menguasai sistem pengelolaannya. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Dr.H.Rusman Langke,M.Pd saat memberikan materi pada kegiatan Pembinaan Takmir dan Imam Masjid di Kabupaten Gorontalo Utara, Senin (19/6/2017) membeberkan ilmu mengelola masjid.
Dijelaskan Kakanwil, pengelolaan Masjid tidak terlepas dari Manajemen Masjid, yaitu proses atau usaha mencapai kemakmuran Masjid yang ideal dilakukan oleh pemimpin Pengurus Masjid bersama staf dan jamaahnya melalui berbagai aktivitas yang positif. 
"Manajemen Masjid adalah upaya memanfaatkan faktor-faktor manajemen dalam menciptakan kegiatan Masjid yang lebih terarah dengan pendekatan sistem manajemen, yaitu planning, organizing, actuating dan controlling," katanya.
Pengelolaan Masjid, tambahnya, meliputi Idaroh atau kegiatan administrasi. Untuk menjadi Masjid yang digemari dan dipercaya masyarakat kata Rusman Langke, hendaknya kegiatan administrasi benar-benar diperhatikan, tidak bisa diabaikan, apalagi menyangkut pengelolaan dana jamaah. Selain itu juga adalah Imaroh atau kegiatan-kegiatan yang mengarah pada pembinaan jamaah.
Hal ini mungkin sudah sering dilakukan, namun ada juga Masjid yang belum maksimal melakukannya. "Sehingga ini menjadi tanggung jawab para Takmir dan Imam Masjid, untuk memaksimalkan kegiatan pembinaannya," ujarnya.
Yang berhubungan dengan pengelolaan Masjid yang baik adalah Ri’ayah. Yaitu kegiatan yang berkaitan dengan pembangunan fisik berupa sarana dan prasarana. Fungsi ini memang sudah lumrah dilakukan oleh para Takmir Masjid beserta jamaah untuk membangun dan memperindah masjid agar nyaman digunakan untuk ibadah.
"Hanya saja kegiatan Ri’ayah ini harus dibarengi dengan kegiatan Idaroh dan Imaroh, agar pengelolaan Masjid lebih baik, dan itu menjadi tanggung jawab Takmir Masjid," jelas Kakanwil Kemenag Gorontalo.
Sebagaimana diketahui Takmir Masjid adalah sekumpulan orang yang mempunyai kewajiban memakmurkan Masjid. Fungsi dan peran Takmir Masjid akan sangat menentukan di dalam membawa jamaahnya kepada kehidupan yang lebih baik.(kemenag|mnm).
 

Subscribe to receive free email updates: