Bupati Kebumen Luncurkan Kredit Super Murah Bagi Pedagang Kecil

Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad menyerahkan kredit kepada perwakilan pedagang Pasar Pagi Tumenggungan, Sabtu (3/6/2017). (suaramerdeka.com/ Supriyanto)
BRNews - Bupati Kebumen Mohammad Yahya Fuad meluncurkan program kredit super murah dan cepat, di Pasar Pagi Tumenggungan, Sabtu (3/6/2017).

Program kredit bagi pedagang pasar tersebut merupakan produk jasa dari bank daerah yang tergabung dalam BUMD Kebumen. Peluncuran program ini, menyusul meningkatnya kebutuhan modal bagi pedagang kecil.
Pedagang kecil di pasar, selama ini banyak menggantungkan diri nasibnya di tangan “bank ucek-ucek” yang notabene bunganya sangat tinggi dan mencekik hingga mencapai 15-30 % per bulan.
Para pedagang, rela mengambil risiko ini, karena mereka butuh pinjaman yang cepat dan langsung cair. “Tidak sampai lima menit sudah cair,” ujar Sugeng Supriyanto, pedagang kolang kaling asal Desa Kawedusan.
Pada kesempatan itu, Bupati Mohammad Yahya Fuad menyerahkan kredit pada 10 perwakilan pedagang pasar pagi Tumenggungan. Kredit tersebut hanya dikenakan bunga sebesar 0,75? yang jauh lebih kecil.
Dengan persyaratan yang sangat mudah, yaitu dengan fotokopi KTP. Program kredit inovasi BUMD yang di-launching adalah Kompak (Kredit Murah Pedagang Pasar Kab Kebumen) milik PD BPR BKK Kebumen, Kredit Simbok (Kredit Bagi Koperasi Mitra Bakul Kebumen) milik PD BPR Bank Kebumen serta Program Prepegan (Pinjaman Bunga Rendah Bagi Pedagang) oleh PD BKK Sruweng.
Program kredit Kompak, Kredit Simbok dan Prepegan seluruhnya diprioritaskan untuk para pedagang pasar. Dengan suku bunga kredit antara 0,75% hingga 5% per bulan. Adapun plafon atau nilai tertinggi pengajuan kredit sebanyak Rp 2 juta, dengan jangka waktu maksimal satu tahun. (suara merdeka|mnm).

Subscribe to receive free email updates: