Menjaga Empat Pilar Demi Tegaknya Umat Islam

BRNews - Saat ini, umat Islam dihantui oleh bayang bayang akan kemunduran dan bahkan kehancuran agama dan umat Islam. Fakta dan realitas kehidupan yang menyimpang dari prinsip-prinsip syariat Allah secara nyata dan terang dipertontonkan dihadapan kita.

Demikian disampaikan oleh Penyuluh Agama Islam PNS Muhammad Ikbal pada kegiatan Kajian Penguatan Pengamalan Agama di Mushalla Al Ikhlas Kemenag Mandailing Natal, Selasa, 30 Mei 2017. Hadir Kepala Kantor Kemenag Muksin Batubara dan ASN serta pramubhakti Kemenag Mandailing Natal.
Muhammad Ikbal lebih lanjut memaparkan, saat ini bangsa Indonesia sedang gencar gencarnya mensosialisasikan kepada masyarakat tentang Empat Pilar Kebangsaan yaitu Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Dia mengatakan, Umat Islam juga memiliki empat pilar dalam menegakkan dan membangun umat, Pilar pertama biilmil ulama, yaitu para ulama yang terus menebarkan ilmu dan pengetahuannya kepada umat, dan masih adanya ulama sebagai tempat rujukanya dan referensi dalam menjalankan agama dan menjaga umat. 
Pilar kedua bi-adillatil umaro, pemimpin yang berlaku adil dan bertanggungjawab, seorang pemimpin yang adil ditandai dengan semakin berkurangnya tindakan tindakan masyarakat yang melanggar hukum, masyarakat hidup dengan rukun, damai, sejahtera dan makmur.
Pilar ketiga bisaqoowatil aghniyaa, yaitu orang-orang kaya yang memiliki jiwa kedermawanan dengan keshalehan sosial yang tinggi dengan sikap simpati dan empati untuk membantu meringankan beban ekonomi orang-orang fakir dan miskin. 
Sedangkan Pilar keempat biduaail fuqoroo-i wal masaakiin yaitu doanya orang fakir dan miskin.
Muhammad Ikbal menegaskan kepada jamaah yang hadir, kalau pilar yang empat ini dapat kita bangun dan tegakkan, Insya Allah umat Islam akan tetap tegak dan tidak ada rasa kekhawatiran atau bayang bayang akan kemunduran dan keruntuhan umat, bahkan akan terus berkembang dan maju peradabannya. (sumut.kemenag.go.id|mnm).

Subscribe to receive free email updates: