Mencari Tambahan Di Bulan Ramadan

BRNews - Jika ingin menikmati ragam makanan kecil, kue kue khas, masakan masakan yang hanya ditemui di Kota Sibolga, maka datanglah tepat dibulan puasa. Karena pada bulan ini, hampir semua ahli-ahli masakan akan mengeluarkan segenap kemampuan yang dimiliki untuk mengolah bahan menjadi panganan, dan tempat penjualannya juga tidak hanya satu tempat saja, akan tetapi hampir meliputi seluruh sudut kota.

Para pedagang spesialis bulan puasa ini menempati banyak titik di Kota Sibolga hingga ke arah Kota Pandan di Kabupaten Tapanuli Tengah, dikelola oleh pemerintah kota, pemerintah kecamatan, anjuran dan modal kelurahan, hingga organisasi dan milik pribadi, sehingga pengunjung atau warga Kota Sibolga yang ingin menikmati sepuas puasnya juga bisa dilakukan dengan mudahnya.
Titik terbesar dari kegiatan ini adalah Pasar Kota Baringin di Kecamatan Sibolga Kota, disusul Jalan Damai di Kecamatan Sibolga Selatan dan sepanjang Jalan R. Suprapto di Kecamatan Sibolga Sambas, disamping beberapa titik lain yang dikelola keluarga, organisasi pemuda, hingga remaja masjid.
Salah seorang pedagang di Pasar Kota Baringin Ibu Huzaimah Tanjung kepada Inhum Sabtu, 27 Mei 2017 mengatakan, kegiatan berjualan ini hanya beliau dan keluarga lakukan satu kali dalam setahun, artinya hanya pada saat bulan puasa saja, sedangkan pada bulan bulan selainnya beliau hanya Ibu Rumah Tangga biasa tanpa kesibukan apa apa.
Hal yang sama juga diakui Muluk Rambe, pedagang kue yang berjualan di seputar Jalan S.M. Raja Sibolga mengatakan, setiap bulan ramadhan ia beristirahat melaut, ia memilih berdagang bukaan yang dimasak oleh istrinya, menurut Muluk Rambe, hal ini cukup membawa keuntungan bagi keluarganya, disamping beliau tidak harus berpisah selama ramadhan sebulam penuh dengan segenap keluarga, juga masih dapat meningkatkan masukan yang membantu ekonomi keluarga.
Kepala MAN Sibolga Muallim yang dihubungi Inhum mengatakan, beliau juga bahkan rela berjalan jauh ke Sibolga dari rumah tempat tinggalnya di Pandan hanya untuk mendapatkan panganan bukaan yang sesuai dengan selera. Hal ini kata Muallim menjadi kesenangan tersendiri, karena beliau dengan seluruh anggota keluarga dapat menikmati bukaan yang beragam tanpa harus memasaknya susah susah. (kemenag sumut).

Subscribe to receive free email updates: