Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten Tana Toraja Dimulai

BRNews - Kepala Kantor Kemenag H.Muhammad, M.Ag, membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan (Sulsel) Senin 15 Mei 2017.
KSM yang diikuti 54 siswa dari 3 Madrasah Aliyah (MA), yakni MA Negeri Tana Toraja, MA PPM Ge'tengan dan MA Kaduaja, diselenggarakan di Madrasah Aliyah Pesantren Pemuda Muhammadiyah (PPM) Ge'tengan.

Adapun mata pelajaran yang diujikan dalam KSM ini adalah Ekonomi, Geografi, Matematika, Biologi, Kimia, Fisika plus pelajaran Agama.
Kepala MA PPM, Sudirman,S.Pd, M.Pd yang juga bertindak selaku koordinator kegiatan menyampaikan bahwa materi lomba pada KSM ini diambil secara acak dari soal-soal tahun 2013, 2014 dan 2015 sesuai standar kelulusan tahun 2017.
"Berkompetisilah secara sehat dan jujur, oleh karena siapa yang terbaik dari masing-masing lomba untuk ke-6 mata pelajaran ini, akan mewakili Tana Toraja pada KSM tingkat Provinsi Sulsel yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2017 di Makassar", kata Sudirman
Kakan Kemenag Tana Toraja dalam sambutannya sebelum membuka KSM ini, menuturkan bahwa tujuan dikaksanakannya KSM ini adalah pertama untuk melatih daya saing siswa, dimana siswa dituntut memiliki "grade culture" atau budaya unggul, dimana ketika kita menguasai pelajaran agama dan ilmu lainnya, maka kita lebih unggul dari orang lain dan derajat kita akan naik, Jelas Muhammad.
Tujuan kedua yang hendak dicapai, kata Muhammad, adalah untuk memberikan motifasi kepada siswa agar bisa bersaing pada level lebih tinggi seperti KSM tingkat Provinsi Sulsel yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.
"Jangan seperti katak dalam tempurung, yang merasa hebat di tempatnya, namun merasa minder ketika diuutus untuk berkompetisi diluar Tana Toraja", tutur Muhammad menyemangati para peserta KSM diakhir sambutannya. (sulsel.kemenag.go.di).

Subscribe to receive free email updates: