Kakanwil Kemenag Tutup MTQ Provinsi Kalimantan Timur

BRNews - Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Timur, Drs. H. Saifi, M.Pd saat menutup MTQ Provinsi Kalimantan Timur ke-39 di Kabupaten Penajam Paser Utara pada Sabtu malam (20/5/2017) berharap agar  penyelenggaraan MTQ dapat dilihat dalam jangkauan dan pandangan luas.

"Pandangan itu terutama dari sisi pembentukan mental dan akhlak masyarakat. Dengan kata lain, nilai-nilai dan etika sosial yang bersumber dari Al-Qur'an hendaknya dapat mewarnai perilaku manusia di tengah-tengah masyarakat," kata Saifi.
Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa keberhasilan MTQ tidak hanya dari penyelenggara saja, Qori dan Qoriah saja, atau Hafidz dan Hafidzah saja, atau mereka yang berprestasi saja tetapi yang lebih penting adalah dapat memberikan pengajaran kolektif pada semua lapisan masyarakat. 
"Terlebih lagi di era globalisasi saat ini, di tengah arus pergeseran moral yang terjadi di masyarakat, maka nilai-nilai Qur'an haruslah dipegang teguh sebagai landasan utama baik di lingkungan keluarga, masyarakat, maupun kehidupan berbangsa dan bernegara," tegas Saifi.
Kakanwil juga sampaikan bahwa yang berhasil meraih juara pada MTQ Tingkat Provinsi ini akan mewakili Kafilah Kontingen Kalimantan Timur pada STQ Nasional yang akan diselenggarakan di Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara pada 13 hingga 22 Juli mendatang.
Menutup sambutannya Kakanwil berharap semoga keikutsertaan semua peserta pada MTQ kali ini dapat membawa maslahat untuk daerah masing-masing. (kemenag kaltim).

Subscribe to receive free email updates: