Jelang Ramadhan, NU Depok Gelar Program Bersih-Bersih Masjid

ilustrasi
BRNews - Menyambut datangnya bulan  Ramadhan, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PC NU) Kota Depok melaksanakan program Bersih-Bersih Masjid (BBM).
"Program BBM adalah salah satu program dari Lembaga Ta'mir Masjid Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LTM PBNU)," kata Ketua PC NU Kota Depok KH Salamun Adi Ningrat di kantor PC NU Depok, Kamis (25/5/2017).
Menurut Salamun, program ini dilaksanakan dengan menggandeng LTM PCNU di berbagai kota/kabupaten seluruh Indonesia. "LTM PCNU Kota Depok atas arahan dari PCNU Kota Depok menyambut dengan gembira datangnya bulan suci Ramadan turut berpartisipasi melakukan program BBM di beberapa masjid se-Kota Depok," terangnya.
Salamun mengungkapkan, tujuan dari program ini adalah membantu DKM Masjid dalam meningkatkan tingkat kebersihan di lingkungan masjidnya masing-masing. Ia menambahkan, dalam satu tim program BBM melibatkan empat orang tenaga inti (mereka yang dibayar LTM PBNU, Red) untuk melakukan bersih-bersih masjid.
"Aksi BBM itu seperti menyapu masjid, halaman, mengepel lantai, membersihkan karpet, juga membersihkan toilet dan tempat wudhu masjid. Perhatian kepada toilet dan tempat wudlu sangat penting karena terkadang DKM kurang memperhatikan kebersihan dua tempat tersebut," kata dia.
Menurut Salamun, antusias warga dan dukungan DKM cukup tinggi dalam membantu gerakan BBM ini. Setelah selesai menjalankan aksi BBM, LTM juga membagikan beberapa alat kebersihan seperti cairan pembersih lantai atau toilet, pengharum ruangan kantor masjid, keset masjid dan buku-buku petunjuk untuk memakmurkan masjid.
"Gerakan ini akan terus dilaksanakan sepanjang ada permintaan dari masjid-masjid melalui LTM NU Cabang setempat. Kita akan melakukan aksi ini secara massif pada bulan Dzulqaidah, Dzulhijjah dan Muharram," jelasnya.
Salamun mengatakan, setelah didatangi tim BBM LTM PBNU diharapkan masjid tersebut memiliki kesadaran untuk senantiasa menjaga kebersihan masjid sesuai standard saat dibersihkan dan kalau mampu lebih dari itu. Sehingga, memberikan dampak secara langsung yaitu jamaah akan senang berada di masjid karena masjidnya bersih.
Semoga jamaah nyaman saat beribadah di Masjid. Kalau selama dua hari sejumlah masjid seperti, di Kecamatan Sawangan Masjid Arrahmah, Kecamatan Pancoran Mas Masjid Baiturrahman dan Masjid Jami Kramat Asem, kecamatan Cilodong Masjid Riyadus Sholihin dan Masjid Jami Kebon Duren, Kecamatan Tapos Masjid Al-Ikhlas dan Masjid Jami serta lainnya di sejumlah titik. Tim di Depok sendiri dari Ustaz Rudi S Halimi, Ustaz Darul Qutni, dan Tim Muharrik masjid di bawah kommando Ustaz Abdul Rahman.(republika).

Subscribe to receive free email updates: