Tangsel Kembali Raih Gelar Juara Umum MTQ ke 14 Provinsi Banten

Senyum Bahagia Kafilah Tangsel setelah dinyatakan Juara Umum MTQ ke-14 Provinsi Banten

BRNews - Kota Tangerang Selatan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut kembali meraih juara umum dalam Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 14, tingkat Provinsi Banten, yang digelar pada 17-21 April 2017 di hotel Marbella Anyer, Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang, Banten.

Pengumuman tersebut dibacakan oleh Ketua Dewan Hakim, H. Ahmad Tholabi Kharlie, pada acara penutupan Jumat (21/04/2017). 
Setelah melihat rekapitulasi perolehan medali masing-masing kabupaten/kota pada acara penutupan dan pengumuman pemenang MTQ ke-14 tingkat provinsi Banten, kota Tangsel mendapatkan nilai 97 dari total perolehan medali, dengan 13 emas, 8 perak, dan 8 perunggu.
Hadir pada acara ini Sekda provinsi Banten, walikota/bupati, para pejabat kabupaten/kota, para ketua LPTQ kabupaten/kota, kepala kanwil kemenag provinsi Banten, H. Bazari Syam, para kepala kantor kemenang kabupaten/kota, MUI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota se-provinsi Banten, para ulama dan tokoh masyarat, tidak ketinggalan masyarakat umum ikut menyaksikan acara penutupan ini.
Panitia MTQ dalam sambutannya mengatakan bahwa MTQ ke-14 tingkat provinsi Banten ini diikuti oleh 446 orang, berjalan dengan baik dan lancar.
"Walaupun adanya komplain atau sanggahan, itu merupakan hal yang wajar, dan kami menganggapnya sebagai perhatian dari LPTQ kabupaten/kota," ujarnya.
Sementara itu, Sekda provinsi Banten, H. Ranta Soeharta, mengungkapkan bahwa MTQ merupakan syiar Islam, sekaligus sebagai wahana penguatan tali silaturrahmi. Diharapkan dari kegiatan MTQ ini, masyarakat dapat meningkatkan pengetahuannya dalam memahami isi dan kandungan Al-Qur`an.
"Selain itu, MTQ tingkat provinsi ini dapat dijadikan filter dalam mencari bibit-bibit unggul. Para pemenang adalah asset yang harus dibina agar terus meningkatkan kemampuannya, sehingga siap menghadapi MTQ tingkat nasional dan internasional", jelasnya.
Walikota Tangsel, Hj. Airin Rachmi Diany saat diwawancarai mengungkapkan bahwa kemenangan ini berkat semangat berkompetisi seluruh peserta dan tim Kota Tangsel yang telah berusaha keras berlatih, menyeleksi, membina duta-duta terbaik yang ada di Kota Tangsel.
"Saya sangat bersyukur dan bangga kafilah Tangsel kembali meraih juara umum di ajang MTQ ke-XIV ini, tentu saja ini semua semakin mengharusmkan nama kota Tangsel. Kemenangan ini merupakan hasil kerja keras jajaran LPTQ Kota Tangsel yang terus mencari bibit terbaik, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan dan kota. Jangan pernah cepat puas, tapi harus terus meningkatkan kualitas, dan berusaha agar bisa mempertahankannya," tandasnya.
Airin juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras sehingga MTQ ke-XIV ini berjalan baik dan lancar. Tak lupa, dirinya juga mengapresiasi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tangsel yang mampu menghantarkan peserta meraih juara.
"Terima kasih kepada LPTQ Tangsel yang senantiasa mendukung pembinaan serta pelatihan peserta dari awal hingga akhir sehingga dapat membawa gelar juara umum tiga kali berturut-turut, semoga kemenangan ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan di ajang perlombaan MTQ selanjutnya," tuturnya.
Senada dengan itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Tangsel, H. Zaenal Arifin bersyukur dan menyambut gembira dengan kemenangan ini, yang merupakan kado terindah menjelang masa purnabaktinya. Kepala Kantor berharap MTQ ini bukan hanya sebagai ajang lomba saja, tapi dapat menambah kecintaan masyarakat untuk memahami Al-Qur`an dan mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari.
Demikian pula harapan Kasi Bimas Islam Kemenag Kota Tangsel, H. Abdul Rojak, yang sekaligus sebagai Sekum LPTQ Tangsel.
"Semoga dengan kemenangan ini, masyarakat kota Tangsel, khususnya, lebih giat mempelajari Al-Qur`an, memahami dan mengaplikasinnya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kota Tangsel benar-benar menjadi kota yang Cerdas, Modern, dan Religius," harapnya.
Berikut urutan pemenang pada MTQ ke-XIV tingkat provinsi Banten:
  1. Kota Tangsel dengan nilai 97
  2. Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang masing-masing dengan nilai 90
  3. Kabupaten Lebak dengan nilai 63
  4. Kabupaten Pandeglang dengan nilai 57
  5. Kota Serang dengan nilai 29
  6. Kota Tangerang dengan nilai 18
  7. Cilegon dengan nilai 6. (banten.kemenag.go.id). 

Subscribe to receive free email updates: