Menag Minta Semua Kepala Madrasah Memajang Pancasila dan Foto Pahlawan

BRNews - Seluruh Satuan Kerja (Satker) Kementerian Agama Se-Indonesia memajang Naskah Pancasila di setiap dinding ruangan kelas sekolah. Ini merupakan pesan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin melalui Sekretaris Jenderal Kementerian Agama (Kemenag) RI, Nur Syam.

Selain naskah pancasila, ia juga meminta foto Presiden dan Wakil Presiden RI serta tokoh-tokoh pahlawan juga diletakkan dalam bingkai/pigura yang rapi kemudian dipajang secara bersamaan. Pihak sekolah beserta siswa diharapkan juga menyanyikan lagu Indonesia Raya dan membaca doa menurut keyakinan masing-masing sebelum waktu belajar dimulai.
"Kami harapkan saudara semua untuk mengintruksikan kepada seluruh kepala satuan sekolah pendidikan madrasah dan kepala satuan pendidikan keagamaan di bawah binaan Kementerian Agama agar memasang naskah pancasila, foto Presiden dan Wakil Presiden RI serta tokoh-tokoh pahlawan di setiap ruangan kelas. Kemudian budayakan nyanyian lagu Indonesia raya disertai doa menurut keyakinan agama masing-masing sebelum aktivitas belajar mengajar dimulai. Mohon ditindaklanjuti." seru Menag melalui surat edaran nomor: 2986/SJ/DJ.I//4/2017 yang ditandatangani Sekjen pada tanggal 21 April kemarin.
Surat edaran tentang "Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Di bawah Kementerian Agama" ini menjadi respon terhadap arahan Presiden RI, Joko Widodo untuk mengutamakan dan membudayakan pendidikan karakter di setiap jenjang sekolah sebagai implementasi dari program Nawacita yang dicanangkan melalui Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), sekaligus menumbuhkan nasionalisme peserta didik sekolah dari tingkatan dasar, menengah sampai atas.(kemenag.go.id|mnm)

Subscribe to receive free email updates: