Kemenag Siapkan 20 Milyar Untuk Revitalisasi Madrasah Program Keagamaan

Menag tinjau Ujian Nasional di MAN 1 Surakarta. (foto: boy)
BRNews - Kementerian Agama telah menyediakan anggaran sebesar Rp.20 miliar untuk revitalisasi 10 Madrasah Aliyah Negeri untuk Program Keagaman (MAN PK). Sebanyak 60 persen dari anggaran untuk revitalisasi sarana dan prasarana, sedang 40 persen lainnya untuk operasional akademik.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan itu saat meninjau Ujian Nasional di MAN 1 Surakarta, Rabu (12/4/2017). Ikut mendampingi Menag, Direktur Zakat Wakaf Tarmizi Tohor dan Kakanwil Jawa Tengah Farhani.
"Sistem pendekatan pengajaran di MAN PK ini nantinya dengan berasrama bagi siswa dan siswinya," ujarnya.
Menurut Menag, salah satu madrasah yang ditunjuk untuk menyelenggarakan program ini adalah MAN 1 Surakarta. Menag berharap lulusan MAN PK memiliki pemahaman keagamaan yang mendalam.
"Kemenag ingin menghidupkan kembali program keagamaan yang dulu disebut program khusus. Intinya adalah bagaimana lulusan madrasah bisa mendalami ilmu keagamaan, selain vokasi," katanya di situs kemenag.go.id.
Seleksi masuk MAN PK telah digelar pada 1 April lalu. Direktur KSKK M Nur Kholis Setiawan mengatakan bahwa ada 1.255 peserta yang mendaftar. Dari jumlah itu, 1.114 siswa dinyatakan lolos berkas dan akan mengikuti seleksi PPDB. Mereka memperebutkan 432 kursi yang tersedia.
10 MAN PK yang direvitaliasi pada tahun ajaran 2017/2018 adalah MAN Koto Baru di Provinsi Sumatera Barat, MAN Darussalam Ciamis Provinsi Jawa Barat, MAN 1 Yogyakarta Provinsi DIY, MAN 1 Surakarta di Provinsi Jawa Tengah, MAN Denanyar Jombang dan MAN I Jember Provinsi Jawa Timur, MAN Mataram Provinsi NTB, MAN Martapura Provinsi Kalimantan Selatan, MAN I Samarinda Provinsi Kalimantan Timur dan MAN 3 Makasar Provinsi Sulawesi Selatan. (mnm)

Subscribe to receive free email updates: