Istri-iIstri Yang Dapat Mendatangkan Rezeki Bagi Suaminya

ilustrasi (ist)
BRNews - Banyak suami yang mungkin tidak tahu bahwa rezekinya dengan izin Allah mengalir lancar atau sulit, atas peran istri. Hal seperti ini memang tidak bisa dilihat secara kasat mata, namun bisa dijelaskan secara spiritual bahwa 10 sifat istri ini membantu  mendatangkan rezeki bagi suaminya.

1. Istri yang pandai bersyukur.
Istri yang bersyukur atas segala karunia Allah pada hakikat nya dia sedang mengundang tambahan nikmat untuk suaminya. Termasuk rezeki.
“Dan ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan : jika kalian bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepada mu dan jika kamu mengingkari (nikmatKu) maka sesungguhnya adzabku sangat pedih”. (QS. Ibrahim : 7).

2. Istri yang tawakal kepada Allah.
Di saat seseorang bertawakkal kepada Allah, Allah akan mencukupi rezekinya.
“Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”. (QS. Ath Thalaq : 3).
Jika seorang istri bertawakkal kepada Allah, sementara dia tidak bekerja, dari mana dia dicukupkan rezeki nya. Allah akan mencukupkannya dari jalan lain, tidak selalu harus langsung diberi kan kepada wanita tersebut.
Bisa jadi Allah akan memberikan rezeki yang banyak kepada suaminya, lalu suami tersebut memberikan nafkah yang cukup kepada dirinya.

3. Istri yang baik agamanya.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjelaskan bahwa wanita dinikahi karena empat perkara. Karena hartanya, kecantikannya, nasabnya dan agamanya.
“Pilihlah karena agamanya, niscaya kamu beruntung” (HR. Al Bukhari dan Muslim).
Beruntung itu beruntung di dunia dan di akhirat. Beruntung di dunia, salah satu aspeknya adalah dimudahkan mendapatkan rezeki yang halal.
Lalu bagaimana dengan seorang suami yang banyak bermaksiat kepada Allah tetapi rezekinya lancar? Bisa jadi Allah hendak memberikan rezeki kepada istri dan anak-anaknya melalui dirinya.
Jadi berkat taqwa dan do'a istrinya dan bayi atau anak kecilnya yang belum berdosa, Allah kemudian mempermudah rezekinya.
Suami semacam itu sebenarnya berhutang pada istrinya.

4. Istri yang banyak beristighfar.
Di antara keutamaan istighfar adalah mendatangkan rezeki. Hal itu bisa dilihat dalam Surat Nuh ayat 10 hingga 12.
Bahwa dengan memperbanyak istighfar, Allah akan mengirimkan hujan dan memperbanyak harta.
“Maka aku katakan kepada mereka, ‘Mohonlah ampun kepada Tuhanmu’, sesunguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, memperbanyak harta dan anak-anakmu, mengada kan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) sungai-sungai untukmu”. (QS. Nuh : 10-12).

5. Istri yang gemar silaturahim.
Istri yang gemar menyambung silaturahim, baik kepada orang tua nya, mertuanya, sanak familinya, dan saudari-saudari seaqidah, pada hakikatnya ia sedang membantu suami nya memperlancar rezeki.  Sebab keutamaan silaturahim adalah dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya.
“Siapa yang suka dilapangkan rizki nya dan dipanjang kan umurnya hendaklah dia menyambung silaturrahmi”. (HR. Al Bukhari dan Muslim).

6. Istri yang suka bersedekah.
Istri yang suka bersedekah, dia juga pada hakikatnya sedang melipat gandakan rezeki suaminya. Sebab salah satu keutamaan sedekah sebagaimana disebutkan dalam surat Al Baqarah, akan dilipatganda kan Allah hingga 700 kali lipat. Bahkan hingga kelipatan lain sesuai kehendak Allah.
Jika istri diberi nafkah oleh suami nya, lalu sebagian nya ia gunakan untuk sedekah, mungkin tidak langsung dibalas melaluinya.
Namun bisa jadi dibalas melalui suaminya. Jadilah pekerjaan suami nya lancar, rezeki nya berlimpah.
“Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir ada seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha luas lagi Maha Mengetahui”. (QS. Al Baqarah : 261).

7. Istri yang bertaqwa.
Orang yang bertaqwa akan mendapatkan jaminan rezeki dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahkan ia akan mendapat kan rezeki dari arah yang tak disangka-sangka. Sebagaimana firman Allah dalam surat Ath Thalaq ayat 2 dan 3.
“Barangsiapa bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan jalan keluar baginya dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka”. (QS. Ath Thalaq : 2-3).

8. Istri yang selalu mendo'akan suaminya.
Jika seseorang ingin mendapat kan sesuatu, ia perlu mengetahui siapakah yang memilikinya. Ia tidak bisa mendapatkan sesuatu tersebut melainkan dari pemiliknya.
Begitulah rezeki. Rezeki sebenarnya adalah pemberian dari Allah Azza wa Jalla. Dialah yang Maha Pemberi rezeki. Maka jangan hanya mengandalkan usaha manusiawi namun perbanyak lah berdo'a memohon kepada Nya.
Do'akan suami agar senantiasa mendapatkan limpahan rezeki dari Allah, dan yakinlah jika istri berdo'a kepada Allah untuk suami nya pasti Allah akan mengabulkan nya.
“Dan Tuhanmu berfirman : Berdo'alah kepadaKu niscaya Aku kabulkan”. (QS. Ghafir : 60).

9. Istri yang gemar shalat dhuha.
Shalat dhuha merupakan shalat sunnah yang luar biasa keutamaan nya. Shalat dhuha dua raka’at setara dengan 360 sedekah untuk mengganti kan hutang sedekah tiap persendian.
Shalat dhuha empat rakaat, Allah akan menjamin rezeki nya sepanjang hari.
“Di dalam tubuh manusia terdapat 360 sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan sedekahnya”._ Mereka (para sahabat) bertanya, “Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah ?”
Beliau Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjawab, “Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu), maka dua raka’at Dhuha sudah mencukupimu”. (HR. Abu Dawud).
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat raka'at di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untuk mu di sepanjang hari itu”. (HR. Ahmad).

10. Istri yang taat dan melayani suaminya.
Salah satu kewajiban istri kepada suami adalah mentaati nya. Sepanjang perintah suami tidak dalam rangka mendurhakai Allah dan RasulNya, istri wajib mentaatinya.
Apa hubungannya dengan rezeki ? Ketika seorang istri taat kepada suaminya, maka hati suaminya pun tenang dan damai. Ketika hatinya damai, ia bisa berpikir lebih jernih dan kreatifitasnya muncul. Semangat kerjanya pun menggebu.
Ibadah juga lebih tenang dan Rizeki dari Allah akan mengalir.Barakallahu fiikum jami'a. (dari group whats app)

Subscribe to receive free email updates: