Sebanyak 1.906 Guru Magrib Mengaji Akan Terima Honor dari Pemkot Medan

BRNews - Sebanyak 1.906 guru magrib mengaji di Kota Medan akan terima bantuan dana berupa honor dari Pemkot Medan, kata Kepala Seksi Bimas Islam Kemenag Medan Abd Haris Harahap, Kamis 30 Maret 2017 di ruang kerjanya.

Para guru berhak mendapatkan bantuan dana berupa honor dari Pemkot Medan berdasarkan Peratuhan Walikota Medan Nomor 45 Tahun 2106 tentang pemberian dana jasa layanan masyarakat kepada warga pelayan masyarakat dengan kegiatan bantuan kepada guru magrib mengaji dan guru sekolah minggu, guru sekolah Buddha, Hindu dan Khonghucu.
Ada penambahan guru magrib mengaji dari Tahun 2016 lalu sebanyak 806 dari alokasi sebelumnya 1.100 orang sehingga guru magrib mengji untuk tahun 2017 menjadi 1.906 orang. "Saat ini sudah 95 persen data yang terverifikasi di Seksi Bimas Islam," ucap Harahap.
Besaran honor yang akan diterima para guru ngaji berdasarkan informasi sebesar Rp. 500.000,- per guru  dan akan disalurkan langsung ke rekening guru yang bersangkutan dan diupayakan pencairannya per enam bulan atau semester.
Harahap menambahkan  penyaluran bantuan Pemkot Medan langsung ke rekening masing-masing guru, sekaligus untuk menepis adanya anggapan pemotongan dari pihak Kemenag Medan terhadap guru magrib mengaji yang mendapatkan honor.
Data guru kita dapatkan dari KUA Kecamatan se Kota Medan, karena pendaftarannya melalui KUA masing-masing Kecamatan sesuai dengan domisili guru tersebut, pendaftaran bisa dari kepling atau tokoh agama, kita juga melibatkan penyuluh agama Islam PNS maupun Non PNS untuk melakukan survei, lalu kita lakukan verifikasi data administrasi, ujar Harahap yang baru dua bulan dilantik sebagai Kepala Seksi Bimas Islam.
Paling lambat pada hari jumat tanggal 31 Maret 2017, berkas para guru magrib mengaji tersebut harus telah sampaikan ke Sekda Pemko Medan Bagian Sosial dan Pendidikan.
Para guru magrib yang tersebar di berbagai kecamatan di Kota Medan merupakan guru, ustad mau ustajah yang mengajar membaca alquraan di masjid, musallah maupun dirumah. (mnm|kemenag sumut)

Subscribe to receive free email updates: