Menteri Agama Minta Kepala Madrasah Lebih Inovatif

BRNews - Kualitas pendidikan madrasah terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Banyak siswa madrasah yang punya prestasi dalam belajar bahkan saat ini ada madrasah berstatus unggulan dan diminati banyak siswa.

Karena itu Menag Lukman Hakim Saifuddin meminta stakeholders madrasah untuk tidak lekas puas. Sebaliknya, Menag mendorong para kepala madrasah dan jajarannya untuk terus mengembangkan inovasi.

Menurutnya, di era global, kepala madrasah dituntut dapat memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan harus akrab dengan perangkat digital. Kepala madrasah juga harus punya kesadaran tinggi untuk membuat sesuatu yang baru dan positif.
"Mumpung kita masih diberi amanah sebagai pejabat, buatlah inovasi yang positif, sehingga ketika kita tidak menjabat lagi kita meninggalkan warisan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain," ungkap Menag pada Rapat Koordinasi Kepala Madrasah se Sumatera Utara di Medan, Kamis (23/3/2017).
Menag menyampaikan, zaman terus berubah dan salah satu kunci tetap eksis dalam dinamika kehidupan adalah inovasi. "Kepala madrasah harus terus berinovasi agar madrasah dapat terus bersaing dengan sekolah umum," pesannya.
Sebagai lembaga pendidikan yang memiliki sejarah panjang, lanjut Menag, madrasah berperan besar dalam menjaga dan memelihara kehidupan agamis serta corak keagamaan yang majemuk. Lebih dari itu, madrasah juga harus berkontribusi signifikan dalam membangun peradaban dunia.
Di hadapan para kepala madrasah, Menag berbagi informasi terkait pengembangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kemenag pusat. Menurutnya, ke depan, satker Kemenag harus juga mengembangkan layanan online sehingga memudahkan akses masyarakat dan bebas pungli.
"Hasil lembaga survei yang menilai Kementerian Agama bergerak menuju perubahan yang lebih baik, harus dijaga dan dirawat dengan baik dan madrasah harus memberikan kontribusi positif," pesannya.
Kakanwil Kemenag Sumatera Utara Tohar Banyoangin berharap kunjungan Menag akan memberi motivasi para kepala madrasah untuk lebih inovatif dalam memajukan mutu pendidikan madrasah.
Acara ini juga dihadiri oleh pejabat eselon III dan IV di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut, Kakankemenag se Sumatera Utara, kepada madrasah serta undangan lainnya. (mnm|kemenag)

Subscribe to receive free email updates: