Disdik Kab. Bogor Asah Kemampuan Guru Lewat Program BERMUTU

BRNews - Program  peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan kompetensi dan kinerja guru, atau yang lebih dikenal dengan Better Education Through Reformed Management and Universal Teacher Upgrading (BERMUTU), kembali dilakukan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor.

Kegiatan yang dilaksanakan sejak 13 hingga 18 Maret di Hotel Grand Mutiara, Cipayung, Megamendung ini, melibatkan ratusan guru  SD dan SMP di wilayah Kabupaten Bogor yang tergabung pada Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Dalam kegiatan ini para guru kembali diasah kemampuannya guna menyusun program di KKG dan MGMP sesuai dengan kebutuhan anggota.
“Melalui kegiatan ini sasaran kita adalah reformasi pendidikan bagi calon guru, upaya peningkatan mutu guru berkelanjutan, peningkatan kinerja dan karir guru melalui sistem akuntabilitas dan insentif, serta monitoring dan evaluasi mutu guru dan prestasi belajar siswa,” jelas Kepala Seksi Pendidik dan Tanaga Kependidikan Sekolah Dasar Disdik Kabupaten Bogor, Dede Rahmat di laman resmi Pemda Kabupaten Bogor.
Selain meningkatkan kompetensi serta kinerja guru, melalui kegiatan bimbingan teknis (bimtek) ini juga diharapkan dapat menjadi acuan standar pengelolaan pendidikan dasar dan menengah. 
“Dengan kegiatan ini kami harap adanya sinergitas kegiatan di KKG dan MGMP sesuai dengan kebijakan nasional, dapat melayani dan memfasilitasi peningkatan kompetensi guru melalui kegiatan di KKG dan MGMP, serta dapat meningkatnya pemanfaatan bahan ajar oleh guru,” harapnya.
Bimtek ini diikuti oleh 522 orang peserta, yang terdiri dari 474 orang guru SD dan 48 guru SMP. Guna memaksimalkan hasil dari bimtek ini, para peserta dibagi dalam dua tahap, tahap pertama sebanyak 268 orang peserta, dan tahap kedua sebanyak 254 orang peserta.
Dalam kegiatan bimtek kali ini, Disdik menghadirkan narasumber dari Koordinator Pengawas (Korwas) dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS), Kementerian Hukum dan HAM, serta dari Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK).(mnm|bgr)

Subscribe to receive free email updates: