Dirjen Pendis Tantang Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan

foto kemenag
BRNews - Infrastruktur Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo semakin lengkap. Seiring  meningkatnya minat mahasiswa yang  kuliah, IAIN Palopo kini dilengkapi sejumlah gedung baru. Selain gedung fakultas dan auditorium baru, ada juga gedung perpustakaan.
Gedung baru ini diresmikan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin di Palopo, Kamis (23/3/2017).
Di hadapan civitas akademika IAIN Palopo, Kamaruddin mengingatkan agar fasilitas baru memberikan semangat baru untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan IAIN. Menurutnya, kemajuan ilmu pengetahuan harus bisa diikuti dengan baik sehingga civitas akademika tidak tertinggal.
"Para civitas akademika hendaknya selalu mengupgrade diri agar tidak tersingkir dari perubahan dan persaingan yang pasti sangat luar biasa di masa akan datang. Para dosen harus dapat bergaul dan berinteraksi secara internasional dan global dengan menjadi konsumen yang 'rakus' untuk membaca dan menikmati produksi berbagai ilmu pengetahuan, khususnya yang terkait bidang keilmuan masing-masing," ujarnya.

Kamaruddin menantang setiap pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK) untuk memiliki jurnal internasional sebagai wadah menyalurkan pemikiran melalui tulisan agar bisa dibaca khalayak. Selain itu, Kamaruddin juga minta PTK mengoptimalkan perpustakaan yang ada agar bisa menjadi perpustakaan terlengkap di daerahnya dengan menyediakan beragam referensi.
"Perpustakaan harus baik dari segi konten, tata kelola, dan kenyamanan," lanjutnya.
Semua PTKI, kata Kamaruddin, harus bersiap menjadi pusat rujukan secara internasional. Untuk itu, harus dipersiapkan perpustakaan yang lengkap, kampus nyaman, serta tradisi budaya akademik yang baik.
"Jika pembangunan fisik terus dilakukan, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dijalankan, dan tradisi budaya akademik diperhatikan, mudah-mudahan PTKI menjadi lembaga terdepan," ujarnya.
Peresmian ini ditandai dengan penandatanganan prasasti didampingi walikota Palopo, Judas Amir dan Rektor IAIN Palopo, Abdul Pirol. IAIN Palopo juga meresmikan Program Studi baru, yaitu Manajemen Bisnis Syariah. (mnm|kemenag)

Subscribe to receive free email updates: