Diikuti 54 Calhaj, Kemenag OKU Selatan Gelar Manasik Haji Mandiri

BRNews - Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah menggelar manasik haji mandiri yang diselenggarakan di Musolla Ar-Rosyid, Senin (13/3/2017).
Acara dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.OKU Selatan H. Abdul Rosyid, S.Ag,.MM,.M.Si didampingi Kasi PHU H. Ayib Bahruddin, S.HI,.M.HI dan Staf H. Fikri Setiawan, S.Pd.I,.MM dan dihadiri 54 Calhaj.
Dalam sambutannya Rosyid berharap, kepada Calon Haji (Calhaj) nantinya pada saat di tanah suci bisa menjadi haji mandiri. "Yang dimaksud haji mandiri disini adalah haji yang memahami tata cara manasik dan secara mandiri mampu melaksanakan semua kegiatan," ujar Rosyid.
Dia mengatakan, ibadah haji merupakan perjalanan spiritual dan rukun Islam kelima. Sesuai amanat Undang-Undang No. 13 tahun 2008, pemerintah berkewajiban melakukan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan dengan menyediakan layanan administrasi, bimbingan ibadah haji, akomodasi, transportasi, pelayanan kesehatan, keamanan, dan hal-hal lain yang diperlukan oleh jamaah haji sehingga jamaah haji dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam.
Rosyid menghimbau kepada ke 54 Calhaj untuk terus menghadiri manasik haji mandiri ini dari awal hingga akhir nanti. "Karena ilmu dalam menunaikan ibadah haji ini, ada pada manasik haji. Untuk itu jika ada acara yang bersamaan, dahulukan menghadiri manasik haji," katanya.
Dengan semakin dekatnya musim haji tahun ini, Rosyid meminta kepada Calhaj untuk meluruskan niat semata-mata hanya mendapatkan ridho dari Allah SWT. "Hal ini harus menjadi perhatian kita bersama, agar ibadah haji kita tahun ini adalah ibadah yang berkualitas," pungkas Rosyid.(mnm|kemenag sumsel).

Subscribe to receive free email updates: