2.330 Siswa Perebutkan 140 Kursi MAN Insan Cendikia Serpong

BRNews - Kementerian Agama harini  menggelar ujian penerimaan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC)  Sabtu, 18 Maret 2017.

Kepala Sub Direktorat Kesiswaan Direktorat KSKK Madrasah Abdullah Faqih mengatakan ada 7.582 peserta yang mendaftar di MAN IC. Dari jumlah itu, 2.330 calon di antaranya akan memperebutkan 140 bangku yang tersedia di MAN IC Serpong.
"Satu kursi masuk MAN IC Serpong akan direbutkan 17 siswa. Ini Artinya MAN IC Serpong masih menjadi favorit," kata Abdullah Faqih, Jumat (17/3). Pilihan favorit berikutnya adalah MAN IC Gorontalo, MAN IC Jambi, MAN IC Aceh Timur, MAN IC OKI Sumsel, dan MAN IC Siak.
Menurut Faqih, peminat MAN IC tidak hanya berasal dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) saja, tapi banyak juga siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP), negeri maupun swasta. Pendaftar dari SMP Swasta sebanyak 23,82 persen, sedangkan MTs Swasta hanya 17,30 persen. "Justru MTs Swasta kalah sama SMP Swasta yang minat masuk ke MAN IC," ujarnya.
Namun demikian, pendaftar dari MTs Negeri masih yang terbanyak, mencapai 39,61 persen. Sedangkan pendaftar dari siswa SMP Negeri hanya 19,26 persen.
Hasil tes ujian penerimaan MAN IC ini akan diumumkan pada 10 April mendatang. Adapun materi yang akan diujikan, terdiri dari Tes Potensi Belajar (TPB), Matematika, Bahasa Inggris, IPA, IPS, serta PAI dan Bahasa Arab.
MAN IC binaan Kemenag dalam beberapa tahun terakhir terus menunjukan prestasinya. Terbaru, MAN IC Tanah Laut yang baru beroperasi enam bulan bahkan sudah mampu mencetak prestasi dengan menjadi Best Presenter pada Ajang Chemical Enginering Education Fair. Selain itu, pada pertengahan tahun lalu, siswi MAN IC Serpong juga berprestasi di Polandia dengan meraih Medali Perunggu Olimpiade Internasional bidang Geografi. Dan, rerata lulusan MAN IC masuk ke perguruan tinggi negeri favorit di dalam negeri maupun luar negeri. (mnm|kemenag.goid)

Subscribe to receive free email updates: