Kementerian Agama Rokan Hulu Riau Cairkan Dana BOS Rp. 4.2 M

BRNews - Kementerian Agama Kabupaten Rokan Hulu Riau, menyerahkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) sebesar 4,2 Milyar untuk 74 Madrasah yang terdiri dari MI, Mts dan MA se-Kabuapeten Rokan Hulu (Rohul). Demikian disampaikan H. Zulkifli, S. Ag. M. Pd. I Plt. Kemenag Rohul pada wartawan di ruang kerjannya, Rabu (22/2/2017).

lebih lanjut disampaikan besaran Dana BOS pada Madrasah ditentukan berdasarkan jumlah muritnya, untuk Madrasah Ibtidaiyah Rp. 800.000 perorang dalam setahun, dan untuk Mts Rp. 1.000.000 perorang dalam setiap tahun dan pada tingkat MA Rp. 1.400.000 perorang dalam setahun.

Plt. Kemenag Rohul juga menjelaskan Pencairan dilakukan melalui mekanisme pembayaran langsung (Ls) ke Rekening Madrasah sebagai Penerima Bantuan Operasional. Dana BOS diterima oleh Madrasah secara utuh dan dikelola secara mandiri dengan melibatkan Dewan Guru dan komite Madrasah jelasnya.

Melalui bantuan operasional ini diharapkan dapat menjadi sarana penting untuk meningkatkan penberdayaan Madrasah dalamrangka meningkatkan akses, mutu dan menajemen Madrasah.

Ada 3 hal penting yang harus diperhatikan dalam melaksanakan penggunaan Dana BOS yang Pertama memastikan disetiap Madrasah ada Tim Menajemen BOS, Kepala Madrasah sebagai penaggungjawab, anggota sebagai unsur tenaga kependidikan, Satu orang dari komite Madrasah dan Satu orang dari orang tua siswa (baca wali murit).

Kedua menggunakan Dana BOS sesuai dengan 13 komponen yang telah ditetapkan dalam juknis BOS pada Madrasah Tahun 2017.

Yang ke Tiga Mengelola Dana BOS secara ferofesional, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan dalam pelaksanaan program BOS di Madrasah, wajib membuat pelaporan yang memuat data penerima bantuan, penyaluran, penyerapan dan pemanfaatan dana pungkasnya. (kemenag riau)

Subscribe to receive free email updates: