Mengandalkan Keahlian Tidak Cukup, Harus Juga Dengan Taqarrub Ilallah


KH Musthafa (dicium tangan) memberikan selamat kepada Pengurus Asbihu-NU Jabar.

BRNews - Di tengah berbagai persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia dan dunia yang tidak mudah dipahami, NU hadir memberikan solusi, yaitu dengan pendekatan bertaqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah SWT.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Asosiasi Bina Haji dan Umrah Nahdlatul Ulama (Asbihu-NU) KH Musthafa Aqil Siroj pada taushiyah pengukuhan Pengurus Wilawah Asbihu Jawa Barat masa khidmah 2016-2021 di SMK An-nur, Sumedang, Jawa Barat, Rabu (29/12/2016).

“Banyak ahli kedokteran, tetapi penyakit tetap saja ada. Banyak sarjana geologi yang dapat memprediksi bencana gempa misalnya, tetapi tidak bisa mencegah bencana tersebut. Para ahli saja tidak berhasil menangani, apalagi orang awam.  Oleh karena itu, manusia harus mendekatkan diri kepada Allah,” tuturnya.
Kiai Musthafa menyebutkan kaitannya dengan Asbihu, NU melalui Asbihu hadir untuk menjaga keyakinan jamaah yang beribadah ke tanah suci Mekkah agar tidak terkikis dari ajaran aswaja yang mereka anut.

“Jamaah haji dan umrah yang berpaham aswaja, banyak dicekoki paham yang berlawanan dengan aswaja.  Di bandara, di tempat ziarah, banyak tersedia buku antitahlil. Lalu banyak yang berpikir, kalau begini terus bagaimana akidah mereka sepulang haji?” ulas Kiai Musthafa mengawali cerita alasan berdirinya Asbihu.

Kiai Musthafa meneruskan, dengan inisiatif Kiai Hafidz Taftanzani, didirikanlah Asbihu sebagai jawaban dari keprihatinan tersebut. 

“Asbihu ini luar biasa karena Asbihu awalnya murni ingin menjaga akidah aswaja NU,” tegas Kiai Musthafa. (klik videonya dibawah ini)


Di samping itu, kehadiran Asbihu juga menjadi solusi karena selama ini seakan-akan belum ada kesempatan berbuat oleh NU. Warga NU yang berangkat haji dan umrah melalui agen perjalanan umrah dan haji yang dikelola pihak lain, hanya memperkaya pihak lain.

Dengan demikian adalah kewajiban warga NU untuk membesarkan NU minimal ketika beribadah umrah melalui Asbihu.
Ditanya bagaimana kinerja Pengurus Wilayah Asbihu Jawa Barat yang baru dilantik, ia optimis dan yakin karena pengurus Asbihu Jawa Barat banyak yang masih muda.

“Saya yakin sekali Asbihu di Jawa Barat akan besar, karena banyak pemuda yang masuk menjadi pengurus. Semangatnya masih tinggi,” tegas Kiai Musthafa.(mnm|nuol).

Subscribe to receive free email updates: