Ingin Cari Hadits Bertema Lingkuangan, Bukalah Aplikasi "Ihya' As-Sunnah"


Aplikasi Ihya' As-Sunnah
BRNews - Untuk memudahkan mahasiswa dan masyarakat dalam memahami hadis, utamanya yang terkait dengan pelestarian lingkungan hidup, Arif Chasanul Muna, dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Pekalongn  membuat aplikasi pencarian hadits.

Aplikasi berbasis android ini diberi nama Ihya' As-Sunnah. Aplikasi ini sekarang sudah bisa diakses di android melalui play store dengan menuliskan kata kunci 'Hadis Pelestarian Alam'.

Aplikasi ini memuat enam bahasan pokok, yaitu: Prinsip Pelestarian Alam, Menjaga Sumber Daya Alam, Menjaga Kebersihan Lingkungan, Menjaga Kelestarian Air, Menjaga Kelestarian Flora, dan Menjaga Kelestarian Fauna.

Menurut Arif Chasanul Muna, pembuatan aplikasi ini merupakan bagian dari upaya awal STAIN Pekalongan dalam mentransformasikan hadis-hadis yang dikaji pada program studi Ilmu Hadis menjadi langkah konkrit pelestarian alam melalui program yang disebut Ihya' As-Sunnah.
Ihya as-sunnah menjadi nama pilihan program, karena berpijak pada penelitian di tengah masyarakat bahwa hadis yang dipahami dan diamalkan masyarakat hanya berkutat di bidang ibadah mahdhah. "Sedangkan di ibadah pelestarian alam tidak banyak dipahami. Mengelola alam dipandang sebagai urusan dunia dan terpisah dari urusan keagamaan," ujarnya saat ditemui di STAIN Pekalongan, Kamis (29/12/2016).

Program Ihya' As-Sunnah ditujukan untuk menyikapi perubahan iklim yang melanda di tanah nusantara ini, bahkan terjadi di dunia. Adanya cuaca ekstrim baik di musim hujan maupun kemarau tidak terlepas dari kerusakan alam yang disebabkan ulah dan tangan manusia.

"Agama dipandang absen dalam hal ini. Untuk itu, dengan program Ihya' As-Sunnah, agama harus dilibatkan dan lembaga keagamaan seperti perguruan tinggi keagamaan tidak boleh tinggal diam," ujarnya.

Arif mengatakan, dengan pendekatan riset kritis serta didampingi Pusat Penelitian Pengabdian Masyarakat (P3M), saat ini para dosen pada program studi ilmu hadis STAIN Pekalongan bersama masyarakat sedang menyusun instrumen untuk program Ihya' As-Sunnah tersebut. Instrumen inilah yang nantinya akan menjadi tolok ukur pelaksanaan Ihya as-Sunnah di tengah masyarakat, sehingga mampu merealisasikan visi STAIN Pekalongan yang memelopori pewujudan Islam sebagai rahmatan lil 'alamin.

"Ihya As-Sunnah ini akan memberikan landasan teologis kepada masyarakat bahwa menjaga alam termasuk ibadah. Program ini diharapkan dapat menghapus stigma masyarakat terhadap PTKI yang hanya mengurusi agama dalam makna sempit," tandasnya. (kemenag.goid).

Subscribe to receive free email updates: