Hingga Desember 2016, 900 Calon Pengantin Ikuti Kursus Pra Nikah

Kursus pranikah di Kantor Urusan Agama (KUA) Karanganyar. (Foto:Abdul Alim)
BRNews - Hingga Desember 2016 Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Karanganyar mencatat jumlah peserta kursus pra nikah mencapai 900 orang. Para peserta terbagi di enam angkatan yang tersebar di enam zona.

Kepala Kemenang Karanganyar, Mustain Ahmad mengatakan, tiap angkatan terdiri 160 peserta yang merupakan pasangan calon pengantin maupun yang belum memiliki tambatan hati. Mereka menjalani 18 jam pelajaran di kantor urusan agama (KUA).
"Biasanya, pesertanya pasangan calon pengantin. Tapi tidak menutup kesempatan bagi mereka yang belum punya pasangan, boleh mengikuti. Setelah mendaftar, akan diikutkan kelas pranikah sesuai zona. Untuk zona satu Gondangrejo dan Colomadu. Zona dua Jaten, Kebakkramat dan Tasikmadu. Zona tiga di 4 J (Jatiyoso, Jatipuro, Jumapolo, Jumantono). Zona empat Karanganyar Kota dan Karangpandan. Zona lima Matesih dan Ngargoyoso. Zona enam Kerjo dan Jenawi,” katanya.
Program kerjasama Kemenag dan Pemkab Karanganyar yang dimulai sejak September lalu bertujuan memperkuat ikatan pernikahan dalam mahligai rumah tangga. Terdapat lima materi kursus, diantaranya undang-undang perkawinan, pengetahuan tentang KDRT, UU perlindungan anak, prosedur pernikahan, fungsi reproduksi, hukum warisan, serta tips merawat cinta kasih.
“Antusiasme peserta luar biasa. Dari semula ditarget 400 orang, pendaftarnya sampai 900 orang. Kita layani semua Senin-Kamis dengan jumlah 150 orang per agkatan. Dengan kursus pranikah yang mereka jalani, semoga menjadi bekal berharga saat membina rumah tangga,” kata Mustain. (mnm|kr)

Subscribe to receive free email updates: