BKKBN Kalbar Study Banding Keluarga Sakinah Ke Kemenag Batam

BRNews - Dipenghujung tahun 2016 ini, Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam menjadi salah satu tempat pilihan dari instansi pemerintahan maupun swasta untuk melakukan kunjungan kerja. Seperti yang baru-baru ini terjadi Kemenag Batam mendapat kunjungan dari Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Barat.

Kedatangan rombongan Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Barat ini berjumlah 19 orang ingin mengetahui dan mempelajari tentang Gerakan Keluarga Sakinah (GKS) berbasis RT Emas. 
Kepala Kantor Kemenag Batam Zulkifli sangat menyambut baik rombongan tersebut, semoga GKS RT Emas yang sudah diilaunching untuk pertama kalinya ini dapat menjadi contoh dalam membentuk ketahanan keluarga.
Kepada rombongan Zulkifli menuturkan ada 13 program GKS RT Emas yang diluncurkan yakni : (1) Keluarga memiliki Kutipan Akta Nikah. (2) Warga usia 7 tahun ke atas mampu membaca Al Quran. (3) Warga usia 10 tahun ke atas melaksanakan sholat. (4) Warga memiliki Al Quran Terjemah dan Sajadah. (5) 80% warga melaksanakan gerakan sadar zakat dan wakaf. (6) 80% wanita muslimah berpakaian sopan dan berjilbab. (7) Pekarangan bersih, rapi dan tersedia tong sampah. (8) 80% warga pria dewasa aktif sholat berjamaah. (9) Secara berkala mengadakan gotong royong. (10) Tidak ada kekerasan dalam rumah tangga. (11) Warga menjaga kerukunan antar umat beragama. (12) Budaya sapa, senyum, salam dan tolong menolong. Dan (13) Tidak ada perjudian, peredaran miras dan narkoba.
“Mudah-mudahan langkah yang sudah kami buat ini dapat menjadi terobosan dalam mencegah terjadinya tindak kekerasan dan kejahatan seksual terhadap anak dalam lingkungan keluarga,” tutur Zulkifli.
Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Provinsi Kalimantan Barat Anna Veridiana Iman Kalis mengucapkan terima kasih atas penerimaan dari Kemenag Batam dan pihaknya merasa cukup bahagia sekali karena kedatangan mereka tepat pada sasaran yakni pada sumbernya langsung.
“Kami sebagai penanggungjawab masalah perempuan perlindungan anak dan keluarga berencana untuk wilayah Provinsi Kalbar rasanya GKS RT Emas yang di lounching di Batam kami pandang sebagai salah satu terobosan untuk mewujudkan ketahanan keluarga. Semoga dapat disinergikan dengan program-program kami ke depan,” ucapnya.
Pertemuan di akhiri dengan bertukar cenderamata dan foto bersama.(kemenag batam)

Subscribe to receive free email updates: