Utusan Demo Tolak Berbicara Dengan Mekopolhukam

Baiturahman News - Perwakilan demonstran berkeras ingin menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah sebelumnya diberi kesempatan untuk bertemu sejumlah menteri yang telah ditugaskan untuk menerima mereka oleh Presiden.

"Tadi dari pihak demonstran ingin tetap bertemu Presiden," kata Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto setelah menerima koordinator aksi di Gerbang Wisma Negara Jakarta, Jumat 4 Nopember 2016.

Wiranto dan beberapa pejabat sempat menerima dua perwakilan demonstran yang dipersilakan masuk ke halaman Wisma Negara.

Keduanya sempat berbicara dengan Wiranto dan beberapa menteri yang ditunjuk Presiden untuk menerima mereka.

Namun setelah beberapa menit berkomunikasi belum ada titik temu yang didapat antara perwakilan demonstran dan pihak pemerintah.

Wiranto pun menegaskan semestinya demonstran tidak ragu untuk menyampaikan aspirasinya kepada perwakilan pemerintah yang resmi dan sah.

Dua perwakilan demonstran pun kembali ke kerumunan massa sementara perwakilan pemerintah mengadakan rapat untuk membahas titik temu yang memungkinkan.

"Saya sampaikan bahwa Presiden memang sedang ada tugas luar untuk beberapa pengawasan proyek. Memang beliau menugasi saya karena memang sedang tidak di tempat. Oleh karena itu saya sampaikan bahwa kalau memang ingin berbicara dengan pemerintah saya secara resmi sudah merupakan perwakilan pemerintah, bukan hanya saya tapi beberapa menteri terkait ada Mensesneg, Seskab, Menteri Agama saya kira sudah representasi dari Pemerintah. Sedangkan dari legislatif ada perwakilan dari DPR dan DPD," kata Wiranto.

Ia mengharapkan ada titik temu karena sejatinya tidak ada menang-kalah ataupun berkeras dalam demokrasi.

"Yang penting komunikasi itu ada. Sebenarnya yang terjadi adalah tatkala pemerintah ada perwakilan resmi dan sah untuk menerima aspirasi itu harusnya dari pihak di sana juga ya dengan ikhlas menyampaikan itu kepada saya. Soal nanti keputusannya bagaimana kan ada suatu proses," katanya.

Perwakilan demonstran yang berbicara dengan Menkopolhukam diantaranya KH. Bachtiar Nasir. (ant|mnm)

Subscribe to receive free email updates: