Tingkatkan Kualitas Khatib, MUI Kabupaten Tanah Laut Tatar Khatib

Penataran Khatib di Tala. (kemenag kalsel)
Baiturahman News - Dalam rangka meningkatkan mutu kualitas dan profesionalitas para Khatib di Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalsel, pemerintah daerah melalui Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tala menggelar Penataran Khatib Sekabupaten Tanah Laut, Rabu (23/11/16) di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari.

Bupati Tanah Laut H. Bambang Alamsyah  mengungkapkan khatib merupakan tokoh agama yang mempunyai peran penting terhadap masyarakat. Dengan itu pihaknya berharap para khatib bisa membantu memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada masyarakat akan visi dan misi program pemerintah daerah.
''Dengan program pemerintah yang sama yakni mewujudkan daerah aman, tentram dan rukun sesama umat beragama tentu peran khatib sebagai penyemangat masyarakat diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensinya dalam pembangunan daerah,'' katanya.
Di akhir sambutannya Bupati juga bepesan kepada khatib untuk mengajak masyarakat bersama-sama menyemarakkan mesjid-mesjid dengan kegiatan-kegiatan keagamaan. ''Jangan masjid saja yang dibagus-bagusi, akan tetapi jamaahnya harus ditingkatkan lagi,'' pesannya.
Hal senada diungkapkan Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Tala H.Rusmadi, S.Ag.,S.Pd.I.,MM yang mengatakan seorang khatib harus mampu memahami dan mengetahuai kondisi lingkungannya.
Menurutnya, seorang khatib selaku ujung tombak pembinaan agama harus mampu menjaga kerukunan antar umat dan perbedaan masalah khilafah yang sering terjadi dimasyarakat.
Maka dari itu pihaknya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. ''Semoga para khatib maupun pengurus mesjid dapat meningkatkan syiar dan dakwah untuk kemaslahatan umat dan menjalankan tugasnya secara profesionalitas,'' tandasnya.
Kegiatan yang menghadirkan Ketua MUI Provinsi Kalimantan Selatan KH. Husin Naparin, LC dan Kamaruzzaman tersebut diikuti 135 peserta utusan dari masing-masing mesjid se Kabupaten Tala. (kemenag kalsel)

Subscribe to receive free email updates: