Kata Ketua MPR: Unjuk Rasa Sah, Apalagi Untuk Menyampaikan Aspirasi

Baiturahman News - Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI kembali akan berunjuk rasa pada Jumat, 4 November mendatang. Aksi yang kedua kali untuk mendesak Kepolisian menuntaskan kasus penistaan agama yang dilakukan Basuki T. Purnama tersebut akan digelar besar-besaran di depan Istana Negara.

Banyak pihak mengkhawatirkan massa tersebut akan bergesekan dengan aparat keamanan dan pada akhirnya terjadi chaos atau kerusuhan.

Terkait itu, Ketua MPR Zulkifli Hasan kembali mengingatkan agar kedua belah pihak baik massa pendemo dari berbagai ormas Islam dan aparat keamanan untuk sama-sama menahan diri.

"Berdemonstrasi memang hak setiap warga negara dan juga diakui oleh negara demokrasi seperti Indonesia, apalagi untuk menyampaikan aspirasi," tegasnya Sabtu, (29/10/2016).

Sebagai Ketua MPR, Zulkifli Hasan meminta kepada para pendemo agar menggelar aksi dengan tertib dan damai sehingga pesan atau tuntutan mereka sampai. Kalau berlangsung tertib,  masyarakat lain tetap merasa nyaman.

Bagaimana seharusnya sikap Presiden Jokowi dalam merespons demo tersebut?

Zulkifli Hasan berpendapat, tak salah Presiden Jokowi menerima delegasi dari massa ormas Islam untuk didengarkan aspirasinya.

"Kalau perlu terima saja perwakilan mereka," kata Zulkifli Hasan.(rmol|mnm) 

Subscribe to receive free email updates: