Kantor Kemenag Tulungagung Selenggarakan Pembinaan Manajemen Masjid

Baiturahman News - Di era global ini peran masjid perlu dioptimalkan. Sebagai pusat informasi, pusat pengaturan strategi dakwah, pusat penggemblengan mental dan spiritual umat, tempat ibadah, pusat pengembangan SDM jamaah, pusat pemberdayaan ekonomi umat, serta meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang tata cara pengelolaan masjid. 

Untuk itu, Kantor Kemenag Kabupaten Tulungagung menyelenggarakan Pembinaan Manajemen Masjid kepada tokoh-tokoh agama dan takmir masjid di aula setempat Selasa (25/10/2016)
Acara ini dibuka oleh Kepala Kankemenag Kab. Tulungagung H. Damanhuri. Dalam sambutannya ia menekankan kepada seluruh tokoh agama dan takmir masjid untuk memberdayakan masjid, tidak hanya sekedar sebagai tempat ibadah melainkan juga sebagai tempat mengembangkan potensi ekonomi umat sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW. 
Remaja masjid, tambahnya, harus dberdayakan dan dimotivasi untk mengembangkan perekonomian karena ekonomi sangat menunjang dalam keimanan, jangan sampai remaja masjid menjadi remaja yang fakir sehingga mendekatkan pada kekufuran.
"Masjid-masjid yang berada di tempat strategis harus ditata ketakmiran dan manajemennya agar perekonomian dapat berjalan, contohnya dengan didirikan koperasi atau pertokoan yg dikelola oleh takmir masjid" kata Damanhuri di laman jatim.kemenag.go.id.
Menutup sambutannya Damanhuri berpesan kepada seluruh peserta untuk lebih meningkatkan pengelolaan masjid agar memberikan banyak manfaat bagi jamaah.
Sementara, Kepala Seksi Bimais H. Abdul Choliq selaku ketua panitia melaporkan kegiatan ini  diikuti sebanyak 90 peserta yang terdiri dari tokoh agama dan takmir masjid se-Kabupaten Tulungagung. (mnm)

Subscribe to receive free email updates: