Hari Kelima MTQN, Sejumlah Lomba Masuk Tahap Final

BaiturahmanNews - Memasuki hari kelima penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-26 Tahun 2016 yang dibuka resmi oleh Presiden Jokowi, sejumlah cabang MTQ sudah memasuki tahap final. Dua jenis lomba MTQ yang sudah masuk tahap final yakni Khattil Quran golongan Dekorasi dan Kontemporer dan Fahmil Quran.

Nama peserta dan kontingen yang berhasil masuk tahap final tersebut telah resmi dirilis dan diumumkan oleh Sekretaris Dewan Hakim MTQN ke-26 Tahun 2016 Mukhlis Hanafi di Astaka MTQ Islamic Center Mataram, Selasa (2/8/2016) malam.
Selain kedua jenis lomba tersebut, yang sudah memasuki tahap final namun masih dalam penyusunan dan rapat Majlis Hakim jenis lomba ini tadi malam adalah Musabaqah Makalah Ilmiah Al-Quran.
"Hingga saat ini, ada beberapa jenis lomba MTQ yang sudah masuk tahap final yakni Khattil Quran dan Fahmil Quran, dan ditargetkan seluruh jenis lomba sudah selesai masuk tahap final tanggal 4 Agustus 2016 seperti yang telah direncanakan, dan semua cabang lomba tanggal 5 sudah selesai, tanggal 6 diumumkan juaranya bertepatan dengan penutupan MTQ," terang Direktur Penerangan Agama Islam Kementerian Agama Muchtar Ali.
Dalam pelaksanaan lomba, Mukhtar Ali mengatakan sejauh ini tidak ditemukan kendala berarti. Dalam pelaksanaan MTQ ini, ada beberapa komponen (lembaga), panitia, dewan hakim, panitera dan tim pengawas. Bila ditemukan hal-hal (kendala) urgen, maka akan segera dilakukan koordinasi dengan melibatkan unsur panitia pusat, Kanwil Kemenag Provinsi, Pemerintah Daerah, dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).
"(misal) di hari pertama, ada satu venue lomba yang terkendala layar infomasi lomba, namun segera diatasi setelah melakukan koordinasi, dan dievaluasi agar tidak terjadi di venue lain dan hari selanjutnya. Alhamdulillah, selanjutnya tidak dijumpai kendala teknis seperti itu," ujar Muchtar.
Hari ini, Rabu (3/8) tahapan sejumlah cabang MTQ akan digelar di sejumlah venue yang tersebar di sejumlah tempat di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Tengah. Direncanakan, MTQN ke-26 Tahun 2016 akan ditutup resmi oleh Wakil Presiden Jusuf Kallah di arena utama MTQ Islamic Center Mataram. (kemenag.go.id)/

Subscribe to receive free email updates: