Akreditasi Untuk Meningkatkan Mutu Madrasah

BaiturahmanNews - Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Tasikmalaya, Drs. H. Dadang Toha Muslim, M.Si mengatakan, akreditasi adalah proses validasi dari segala aspek yang dipunyai oleh sekolah, sekolah ingin memberikan informasi yang sebenar-benarnya karena berbohong dengan kinerja dan pelaksanaan kegiatan belajar sehari sama halnya berbohong untuk diri sendiri, sekolah dan masyarakat pada umumnya.


Dadang menyampaikan hal itu ketika  menyambut Tim Assesor di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Jidris Assalam Purbaratu Tasikmalaya. "Atas nama Kemenag kami ucapkan terlebih dahulu marhaban ahlan wa sahlan bi hudhurikum, kehadiran assessor di tengah tengah kita adalah merupakan penghormatan besar bagi kami," katanya mengawali sambutannya.

Diungkapkan, ditengah tengah banyaknya sekolah yang meminta untuk diakreditasi, sekolah kami mendapat kesempatan berharga untuk dikunjungi Tim, Asesor.

Dirinya berharap setelah adanya akreditasi ini para guru mengetahui peta keberadaan madrasah ditinjau dari semua aspek, sarana prasarana, pendidik, kinerja dan segala aspek yang menyertainya.

Bagi masyarakat sendiri diharapkan bisa mendapat informasi mengenai kinerja madrasah, bukan hanya janji manis pada saat penerimaan murid baru sajatapi keberadaan dan hakikat madrasah itu sendiri.

"Pada akhirnya kita semua menginginkan akreditasi ini membawa manfaat dalam rangka peningkatan mutu madrasah, rencana ke depannya, menerapkan visi misi, tujuan dan strategi untuk selanjutnya dijadikan sebagai motivasi peningkatan mutu madrasah yang lebih kompetitif, dan kita sadar betul bahwa yang paling berhak membuat vonis kelayakan madrasah adalah badan akreditasi ini," pungkas Kasi Penmad dalam sambutannya.(kemenag jabar|nm)

Subscribe to receive free email updates: