Agar TPQ Jadi Menarik dan Layak Jual

Baiturahman News - Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2007 tentang pendidikan agama dan keagamaan menempatkan Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) sebagai sub sistem pendidikan nasional non formal yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik membaca, menulis, memahami dan mengamalkan kandungan Al Quran.

Perkembangan Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) di Jawa Tengah semakin menjamur bak jamur di musim penghujan bahkan sudah mencapai kurang lebih 32.000. Lembaga, ini menjadi potensi, peluang dan tantangan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat, walaupun bersifat non formal eksistensi TPQ tidak bisa di lihat sebelah mata dalam rangka mencerdaskan dan membekali budi pekerti/akhlaq mulia bagi anak-anak.
Walaupun eksistensi TPQ secara nyata telah menjadi wadah pengajaran Al-Quran di tengah-tengah masyarakat, khususnya untuk kalangan anak-anak. Sebagai wadah pengajaran Al-Quran dan memiliki peran yang sangat penting dalam menanamkan moral yang baik dan Islami, namun pemerintah maupun masyarakat masih melihat TPQ sebagai lembaga yang kurang menarik dan tidak layak jual.
Itulah sebabnya, Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Sholihin mengharap agar membuat TPQ menjadi lembaga yang kredible dan menarik dengan cara pengelolaan TPQ harus di kelola dengan sepenuhnya jangan Cuma sampingan, TPQ harus mulai bangkit jangan cuma meningkat dari sisi kuantitas tetapi harus meningkat secara kualitas.
Dalam acara peningkatan penguatan menejemen pengelolaan pendidikan keagamaan pada pendidikan Al Quran, di Hotel Siliwangi Semarang Rabu pekan lalu, agar pihak TPQ mau menjadikan Pemerintah Daerah dan Kemenag sebagai patner dan mitra dalam pembinaan kualitas TPQ di daerah mengingat tantangan kedepan semakin berat.
Untuk itu Badko TPQ Kabupaten/Kota harus memacu lembaga TPQ untuk meningkatkan pengembangan kurikulum, mewujudkan mutu pembelajaran dan mampu meningkatkan manajemen lembaga.
sumber : kemenag jateng

Subscribe to receive free email updates: