Penyuluh Islam Ujung Tombak Kementerian Agama

PEMAIS MUARA ENIM DPT ARARAHAN KEMENAG
BaiturahmanNews --Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim Jum'at, (29/7/2016), menggelar Review Penyuluh Masyarakat Islam (Pemais) tahun 2016. Acara tersebut dihadiri oleh 150 Pemais non PNS yang ada dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Muara Enim H. Muhammad Abdu dalam arahannya menjelaskan, Pemais adalah ujung tombak Kementerian Agama dalam menyampaikan syiar agama Islam kepada masyarakat luas."Perlu dipahami, bahwa bapak-ibulah yang menjadi ujung tombak syiar agama Islam di tengah masyarakat," ungkap Abdu di hadapan 150 penyuluh non PNS ini.
Ia mengatakan, sebagai seorang penyuluh, kreatifitas sangat diperlukan dalam melaksanakan tugas. "Ini guna untuk peningkatan hasil binaan kepada masyarakat," terangnya.
Lebih lanjut Abdu menjelaskan, penyuluh harus mempunyai sikap kepedulian dengan lingkungan sekitar. "Jika di daerahnya terdapat kejanggalan perihal aliran agama, atau bisa dibilang aliran sesat, maka seorang penyuluh harus tanggap dengan permasalahan tersebut. Tentu saja dengan berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat, atau dengan berkoordinasi ke Kementerian Agama melalui KUA dimasing-masing Kecamatan," jelas Abdu.
Sementara itu, Kasi Bimas Islam H. Hakamuddin meminta kepada seluruh penyuluh non PNS untuk lebih aktif dalam memberikan penyuluhan. "Kedepan, lebih aktifkan lagi dalam memberikan penyuluhan ke masyarakat, sehingga penyuluh sebagai mitra Kementerian Agama dapat benar-benar dirasakan oleh ditengah masyarakat," tutup Hakam.(kemenag sumsel)

Subscribe to receive free email updates: