Grebeg Syawal, Gunungan Wadon Sempat 'Temumplak' di Regol Masjid


Grebeg Syawal di Halaman Masjid Gede Kauman Yogyakarta, Kamis (7/7/2016) siang berlangsung meriah. Ribuan masyarakat memadati halaman Masjid Gede Kauman dan langsung berebut begitu kaum masjid selesai memanjatkan doa.

Namun, ada peristiwa tak biasa yang terjadi pada Grebeg Syawal kali ini yakni saat salah satu gunungan yakni Gunungan Wadon "temumplak" tepat saat hendak menuruni regol Masjid Gede Kauman. Peristiwa tersebut sontak saja menjadi perhatian masyarakat yang memenuhi halaman masjid.
"Woalah lha kok temumplak, mugo-mugo ora ono opo-opo. (Lha kok jatuh terbalik semoga tidak ada apa-apa)," teriak beberapa masyarakat yang menyaksikan kejadian tersebut.
Abdi dalem yang membawa gunungan tersebut lantas tak tinggal diam dan berusaha memberdirikan kembali gunungan Wadon untuk kemudian di bawa ke halaman depan Masjid Gede Kauman. Mereka berusaha mengangkat kembali gunungan yang memang sangat berat ini untuk nantinya diperebutkan masyarakat yang ingin 'ngalap berkah'.
Seperti dirilis KRjogja.com  abdi dalem yang berada di depan tersandung saat hendak menuruni tangga di regol Masjid Gede Kauman. Gunungan yang kemudian cenderung miring pun akhirnya jatuh ke depan dan sempat mengagetkan banyak orang di sekitar regol.
Gunungan merupakan wujud syukur dari Kraton Yogyakarta atas berkah yang melimpah sepanjang tahun. Gunungan tersebut kemudian dibagikan untuk masyarakat yang mempercayai berkah di balik tumpukan hasil bumi.(kr/nm)

Subscribe to receive free email updates: