Usai Lebaran Ada Lima Menteri yang Kena Reshuffle


Presiden Joko Widodo dijadwalkan  akan  mengumumkan kabinat baru hasil reshuffle pada 14 Juli 2016 seusai Lebaran di Istana Bogor.


Dalam reshuffle tersebut, seperti banyak beredar di media sosial, akan ada lima menteri yg diganti dan berpindah pos kementrian.

1. RINI SOEMARNO menteri BUMN digeser menjadi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) menggantikan Teten Masduki.

2. HENDRI SAPARINI ditetapkan sebagai menteri BUMN yg baru menggantikan Rini.
Hendri Saparini, wanita kelahiran Kebumen 1964 saat ini menjadi Preskom PT Telkom. Ia menyelesaikan S-1 di FE UGM kemudian ambil S2 dan S3 di Tsukuba University Jepang.

3.  TETEN MASDUKI diangkat jadi Menteri Agraria. Pos lamanya sbg Kepala KSP diisi oleh Rini Soemarno. Sementara Feri Mursidan Baldan out tdk jadi menteri lagi.

4. IDRUS MARKAM (sekjen Golkar) akan menggusur Marwan Ja'far (representasi PKB) menjadi menteri PDT & Transmigrasi.
Marwan out dari orbit kabinet Jokowi.

5. MULFACHRI HARAHAP (Kader Partai Amanat Nasional) jadi menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemen PAN). Anggota DPR RI Komisi III ini menggusur kursi Yudi Krisandi.

Yudi kemungkinan akan digeser menjadi Kepala Staf Penasehat Wakil Presiden menggantikan posisi Sofwan Wanandi.

Yudi Krisandi (represantasi Hanura) dikenal sbg orangnya JK dan Jk  hingga  saat ini masih berjuang untuk mempertahankan Yudi Krisandi di Kemen-PAN.

Bila JK berhasil maka  MULFACHRI HARAHAP akan digeser jadi Menteri Pemuda dan Olahraga menggantikan Imam Nahrowi.
Bila ini yg terjadi maka Imam Nahrowi out dari Kabinetnya Jokowi.

CATATAN:

1. ADA dua Patti Polri yg kemarin diangkat pangkatnya jadi jenderal penuh berbintang empat dari pangkat sebelumnya yaitu Komjen.
Keduanya adalah Jederal (Pol) Drs Tito Karnavian Phd dan Jenderal (pol) Drs Budi Gunawan.

2. Jenderal (pol) Drs Budi Gunawan akan dilantik sbg Ka BIN menggantikan Sutiyoso. Mantan gubernur DKI ini akan mendpt tugas baru sbg Dubes.

3. Jenderal (pol) Drs Tito Karnavian Phd akan dilantik Presiden Jokowi sbg Kapolri menggantikan Jenderal pol Badrodin Haiti. Pelantikan Jenderal Tito sbg Kapolri dan Jenderal BG sbg Ka-BIN akan dilakukan serentak tgl 14 Juli 2016 usai Lebaran.

4. Irjen Pol Drs LUTFI LUBIHANTO sudah ditetapkan dan akan dilantik sbg Waka Polri menggantikan Budi Gunawan. Pangkatnya pun sdh naik jadi Komjen Pol.
Lutfi Lubihanto adalah Lulusan Akpol 1984 dan pernah jadi Kapolda Jambi.
Hari ini, pria kelahiran Bandung 55 tahun lalu itu masih menjabat sbg Waka Baintelkam Polri.

5. Kejagung M Prasetyo aman. Ia tidak digeser bukan karena faktor Nasdem (induk parpolnya) tapi karena ia punya hubungan baik dengan Jokowi dan jadi watchdog-nya  Jokowi-Luhut.

6. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan juga dalam posisi aman. Sebelumnya ada rumor mantan Direkttur Kereta Api Indonesia (KAI) ini akan diganti.

7. Menteri Agama  Lukman Hakim (PPP) juga dalam posisi aman.

Subscribe to receive free email updates: