Muslim di Cili Jalani Waktu Puasa Ramadhan Terpendek di Dunia

Jika kaum Muslim di Islandia harus berpuasa paling panjang, sekitar 21 jam 38 menit, sebaliknya di Punta Arenas, Cili, waktu berpuasa hanya selama 9 jam 51 menit.

Di Semenanjung Arab, saat Islam muncul di tahun 610, siang hari berlangsung sekitar 15 jam. Akan tetapi, pengikut ajaran yang berada di belahan bumi lain, sebagian harus menghadapi waktu puasa yang panjang.
Dikutip pikiran-rakyat.com dari laman Huffington Post, para pemuka agama Islam memiliki banyak opini terkait penyelenggaraan puasa Ramadan. Sebagian bersikeras harus dilakukan sesuai waktunya, mulai terbit fajar hingga terbenamnya matahari, selama ia sehat, berkemauan puasa, dan mampu. Namun, sebagian di antaranya membuat pengelompokan waktu puasa, selama 12 jam, 14 jam, dan 16 jam.
Selain Cili, wilayah lain yang memiliki waktu puasa selama 11 jam adalah Australia. Yang harus berpuasa 12 jam adalah kaum Muslim di Brazil, 13 jam di Indonesia dan Malaysia, 14 jam di Nigeria, India, dan Arab Saudi.
Mereka yang harus berpuasa 15 jam, antara lain di Bangladesh, Pakistan, Amerika Serikat, dan Mesir. Yang berpuasa 16 jam adalah Maroko, Iran, Tiongkok. Sementara waktu berpuasa 17 jam di Turki dan Kanada, 18 jam di Inggris dan Jerman, 19 jam di Alaska, dan 20 jam di Swedia.(pr/nm)

Subscribe to receive free email updates: