Kanwil Kemenag Kepri Salurkan Bantuan Sembako Di Desa Binaan

AFIFAH MARDIYAHMENYERAHKAN BINGKISAN
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Drs. H. Marwin Jamal memberikan bantuan sembilan bahan pokok kepada warga Tanjung Sebauk Desa Binaan Zakat Kanwil Kemenang Kepri, Jumat (10/6/2016). Penyerahan di lakukan di Masjid Nurul Jihad usai sholat Jumat. Kunjungan ke Tanjungsebauk diawali dengan sholat Jumat di Masjid Nurul Jihad. Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal bertindak sebagai khatib sekaligus imam sholat Jumat.

Kasi Pemberdayaan Zakat Kanwil Kemenag Kepri, Afifah Mardiyah dalam sambutannya mengatakan Desa Tanjung Sebauk Kecamatan Tanjungpinang Kota dicanangkan sebagai Desa Binaan Zakat Kanwil Kemenag Kepri sejak tahun 2010. Pada awalnya beranggotakan 12 orang sebagai penerima bantuan zakat produktif yang dikembangkan untuk berbagai jenis usaha seperti jaring nelayan, ternak lele, kue basah, kue kering, toko kelontong, sayur, sarapan pagi, ikan asin dan lain-lain. 
“Sesuai dengan laporan Ketua Kelompok, hingga saat ini jumlah anggota yang tergabung sudah 21 anggota. Ini menandakan program yang kita lakukan secara perlahan berkembang dan mulai menuai hasil,” kata Afifah. 
Ketua Kelompok Desa Binaan Zakat Desa Tanjung Sebauk, Muhammad Darul. Ia mengatakan perlunya anggota kelompoknya terus dibina secara rutin. “Kami berharap pertemuan evaluasi semacam ini bisa dilakukan minimal dua bulan sekali,” ucap Darul. 
Menanggapi hal tersebut Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Kepri H. Erman Zaruddin mengatakan pertemuan akan dilakukan lebih sering yakni sebulan sekali. “Kita programkan setiap bulan pada pekan pertama. Namun kita isi dengan kegiatan pendukung seperti pengajian atau workshop kecil tentang strategi pengembangan ekonomi keluarga,” ujar Erman Zaruddin. 
“Nanti kita akan juga melibatkan Polsek untuk membantu mensosialisasikan gerakan anti narkoba atau kegiatan lain seperti konseling pencegahan perceraian, dan lain sebagainya”, tambahnya. 
Kepala Kanwil Kemenag Kepri H. Marwin Jamal dalam arahannya mengatakan salah satu resep agar usaha kita berkembang adalah dengan banyak memberikan infaq. Ia mengatakan para anggota kelompok agar saling tolong menolong dalam mengembangkan usahanya. 
“Saya juga minta agar ada proses pembukuan yang lebih tertata sehingga jelas. Kita hidupkan lagi usaha-usaha yang mengalami kemacetan. Sebagai motivasi hari ini kami berikan bantuan sembilan bahan pokok kepada 21 anggota agar lebih semangat lagi”, pungkasnya.(kemenag kepri)

Subscribe to receive free email updates: