Innalillahi, Ulama Moderat Syria Syekh Rajab Dieb Wafat

Dunia Islam hari ini kehilangan kembali salah seorang ulama kharismatik dari Syiria. Sosok ulama ahli tafsir, ahli hadis, guru besar Thoriqah Naqsyabandiyah, Al-Alamah Syeikh Rojab Subhi Dib Rahmatullahi Ta'ala Anhu.


Semoga Allah Swt mengampuni seluruh dosa dan kesalahannya dan diterima seluruh amal sholihnya, dan ditempatkan di syurga fidaus bersama para gurunya. amin.

Profil Syeikh Rojab Subhi Dib

Syekh Rojab Dieb dilahirkan di Damaskus pada tahun 1931. Beliau mulai menuntut ilmu sejak berumur 7 tahun, dan beliau juga selalu aktif menghadiri pengajian-pengajian di masjid besar Umawy, dan berguru kepada ulama-ulama besar pada saat itu, dan mendapatkan ijazah keilmuan dari para ulama tersebut hingga beliau memasuki jenjang kuliah di Fakultas Dakwah Islamiyah cabang Damaskus, dan berhasil menyelesaikan kulaihnya dan lulus dengan predikat Jayyid (baik) pada tahun 1988, dan beliau meraih gelar Doktor dari Pakistan. Sampai saat ini Syekh Rojab dipercayai sebagai Pengajar ilmu agama di Majlis Fatwa Kementrian Wakaf Syria. Beliau sudah menghafal Al-Qur’an, dan saat ini beliau sudah menghafal lebih dari 40.000 Hadits.

Kiprah beliau dalam bidang da’wah Islamiyyah yang moderat sudah tidak diragukan lagi, baik di level lokal maupun internasional, banyak sekali negara-negara yang telah beliau kunjungi, mulai dari Amerika, Perancis, Maroko dan bahkan Pakistan pernah beliau kunjungi, termasuk Indonesia dan kesemuanya adalah untuk menyebarkan ajaran Islam dan mengajak seluruh umat Islam untuk berdzikir (ingat) kepada Allah, karena hanya dengan itulah umat Islam bisa maju dan berkembang.

Di Indonesia Syaikh Rojab tercatat sudah mengunjungi Pondok Pesantren Modern Darunnajah Jakarta, Pondok Pesantren Darul Quran Ustadz Yusuf Mansyur, Pondok Pesantren Al Hikam K.H Hasyim Muzadi dan Pondok Pesantren Salaf lainnya. Selain itu, Beliau juga sudah sering diundang dalam rangka kegiatan yang di lakukan oleh lembaga-lembaga yang dibawah naungan Pengurus Besar Nahdzatul Ulama terutama Lembaga Thoriqoh Mu'tabaroh Annahdziyyah dibawah pimpinan Habib Luthfi Bin Yahya. Dalam sebuah pertemuan dengan Habib Luthfi dan jamaah, Habib Lutffi pernah mengatakan bahwa Syaikh Rojab Dieb merupakan wali Allah daerah Syuriah.

Wallahu a'lam.

Pekalongan,  15 Juni 2016. 10 Ramadhan 1437 H. (Habib Muhdor Segaf)

Subscribe to receive free email updates: