Hafalkan Kosakata Arab Lewat Lagu Memudahkan Murid

Eva Irsyadah, S.Ag., M.Pd.I., salah satu guru mata pelajaran Bahasa Arab di MAN 1 Palembang mengajarkan mufrodat (kosakata dalam bahasa Arab) melalui lagu-lagu yang sudah akrab terdengar di telinga kita, seperti i’tirof, naik-naik ke puncak gunung dan lain sebagainya. 

Sehingga bukan lagi sesuatu yang aneh jika di kelas yang diajarnya seringkali terdengar alunan lagu yang liriknya sudah diubah menjadi kosakata Arab. Begitu juga di ruang guru, seringkali didapati anak-anak yang sedang menyetorkan hafalan kosakatanya  dengan lagu-lagu tersebut, Sabtu (18/6/2016).
Menurut wanita yang pernah mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Modern Gontor ini, metode ini lebih efektif dibandingkan dengan menghafal seperti biasa tanpa dilagukan.
Pelajaran Bahasa Arab yang oleh sebagian besar siswa dianggap sebagai momok menakutkan sebagaimana pelajaran matematika, fisika dan pelajaran eksak lainnya ternyata di tangan Eva menjadi sesuatu yang menarik. Suasana belajar yang semula tegang menjadi menyenangkan.
Materi pembelajaran bahasa Arab yang sebagian besar berupa hafalan, sangat mengandalkan daya ingat siswa. “Dengan melagukan materi-materi belajar yang sifatnya hafalan, suasana belajar menjadi lebih menyenangkan dan materi pelajaran akan  lebih lama tersimpan dalam ingatan siswa”, ujar wanita yang akrab disapa Ummi Eva ini. (kemenag sumsel/vie)

Subscribe to receive free email updates: