Lebih dari 7.000 Santri Diniyah Kota Banjar Ikuti Ujian Kenaikan Kelas

Lebih dari tujuh ribu santri Kota Banjar Jawa Bafrat akan mengikuti pelaksanaan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) dan Diniyah Takmiliyah Wustha (DTW) Tahun Ajaran 2015-2016. di Kota Banjar tercatat lebih dari dari tujuh ribu santri. 

Drs. Dadan, Ketua FKDT(Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah)  Kota Banjar menuturkan, jumlah santri Diniyah yang tercatat sebagai peserta UKK tahun ini merupakan data yang diperoleh dari laporan Koordinator Diniyah Desa/Kelurahan se Kota Banjar. Tentunya, data yang dilaporkan oleh tiap-tiap kordinator  adalah hasil pendataan yang dilakukan kepada Diniyah Takmiliyah Takmiliyah di wilayahnya masing-masing.

“Data peserta UKK yang diterima akan menjadi patokan FKDT untuk penggandaan naskah soal.”tutur Dadan Kamis (19/5/2016).

Dadan berharap, jumlah santri yang dilaporkan ke FKDT Kota Banjar tidak lagi mengalami perubahan ditengah jalan. Karena hal tersebut akan berpengaruh kepada pengadaan naskah soal. Pasalnya pengurangan ataupun penambahan jumlah peserta sering terjadi hampir di setiap tahun.

“Antisiapasi agar tidak adanya perubahan, kita sudah mengintruksikan jauh-jauh sebelumnya kepada Koordinator untuk mendata ulang peserta UKK,” ungkapnya.

Ketika ada perubahan data dipertengahan, lanjut Dadan, pada akhirnya selalu ada naskah soal yang di foto copy untuk menutupi kekurangan. Hal-hal seperti itulah yang harus dihindari untuk meningkatkan pelayanan FKDT dalam penyelenggaran UKK ataupun ujian Diniyah Takmiliyah.

“Intinya FKDT akan terus berupaya untuk memperbaiki penyelenggaraan pendidikan di Diniyah Takmiliyah,” imbuhnya.

Kepala Seksi Pendis Kementerian Agama Kota Banjar, DR. H. Supriana, M.Pd., berikan apresiasi kepada FKDT yang senantiasa melakukan perbaikan-perbaikan sitem pendidikan Diniyah Takmiliyah di Kota Banjar, salah satunya adalah dalam pelayanan penyelenggaraan Ujian ataupun Ulangan.

Oleh karenanya, Kementerian Agama berharap, agar FKDT Kota Banjar senantiasa memberikan pelayanan terbaik dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat terhadap Diniyah Takmiliyah, sebagai lembaga yang akan mencetak generasi-generasi bangsa untuk memiliki wawasan keagamaan dan berakhlaqul karimah.

“Tujuh ribu lebih jumlah santri yang mengikuti UKK tahun ini, merupakan bukti kepedulian masyarakat terhadap pendidikan agama bagi anak-anakanya untuk belajar di Diniyah Takmiliyah”. Tegas DR. Yana. (kemenag.goid)

Subscribe to receive free email updates: